Breaking News

Departemen Teknik Elektro Unand dan Universitas Bangka Belitung Bahas Kerjasama Pendidikan dan Penelitian

Balik Kampung Departemen Teknik Elektro Unand Sambut Alumni yang Menjadi Dosen UBB

D'On, Padang (Sumbar),-
Departemen Teknik Elektro Universitas Andalas (Unand) menyambut kedatangan salah satu alumninya yang kini menjadi dosen di Universitas Bangka Belitung (UBB), Welly, pada Kamis (25/4/2024). Pertemuan yang berlangsung di kantor departemen tersebut dihadiri oleh Prof. Ilhamdi, yang menjabat sebagai ketua departemen. Tujuan dari pertemuan ini adalah untuk membahas kemungkinan kerjasama antara kedua institusi dalam bidang pendidikan dan penelitian.

Welly, sebagai utusan resmi dari UBB, membawa misi penting untuk menjajaki potensi kerjasama antara Departemen Teknik Elektro Unand dan UBB. Salah satu fokus utama dari pembicaraan adalah kemungkinan bagi para dosen dari UBB, khususnya dalam Departemen Teknik Elektro, untuk melanjutkan pendidikan tingkat doktoral di Unand. 

Menurut informasi yang diterima dari Welly, ada enam orang yang tertarik untuk mengejar gelar doktor di Departemen Teknik Elektro Unand, dengan fokus pada bidang ilmu Teknik Tegangan Tinggi, Elektronika dan Telekomunikasi.

Disamping itu, Wellky menambahkan bahwa tidak hanya Jurusan Teknik Elektro, ada juga beberapa dosen dari Jurusan Teknik Mesin UBB yang tertarik untuk malanjutkan studi S3 di Departemen Teknik Mesin Universitas Andalas. 

Prof. Ilhamdi menyambut baik niat baik dari UBB untuk menjalin kerjasama, dan dia menjelaskan bahwa Departemen Teknik Elektro Unand memiliki program S3 yang sangat fleksibel, yang memungkinkan kerjasama antara kedua institusi dengan persyaratan yang telah disepakati. Namun, Prof. Ilhamdi menekankan bahwa mahasiswa yang terlibat dalam program S3 di Unand diharapkan untuk tetap mematuhi kewajiban, seperti mengikuti pertemuan bulanan dan mencapai pencapaian yang ditetapkan dalam kurikulum.

Selain itu, pertemuan tersebut juga menyoroti pentingnya publikasi di jurnal internasional bereputasi sebagai syarat lulus dari program S3. Prof. Ilhamdi menjelaskan bahwa hal ini merupakan bagian integral dari proses pendidikan tingkat lanjut di Departemen Teknik Elektro Unand, yang menekankan kontribusi ilmiah yang diakui secara internasional.

Pertemuan yang berlangsung dalam suasana yang penuh kekeluargaan ini akhirnya ditutup dengan makan siang bersama di Queen Cafe, salah satu tempat makan yang cukup representatif bagi tamu dari luar kampus. Makan siang bersama menjadi momen yang tepat untuk melanjutkan pembicaraan secara lebih santai sekaligus memperkuat ikatan antara kedua belah pihak. Dalam suasana yang hangat dan ramah, diskusi-diskusi penting terus berlanjut, sementara rasa persahabatan dan kerjasama semakin terjalin kuat di antara para peserta pertemuan. Keputusan untuk mengakhiri pertemuan dengan makan siang bersama di Queen Cafe tidak hanya mencerminkan keramahan dari pihak Departemen Teknik Elektro Unand, tetapi juga menunjukkan kesungguhan mereka dalam menjalin hubungan yang baik dengan tamu dari Universitas Bangka Belitung.

Pertemuan antara Departemen Teknik Elektro Unand dan Universitas Bangka Belitung telah membuka pintu bagi kerjasama yang berpotensi besar dalam bidang pendidikan dan penelitian. Diharapkan, kerjasama ini akan menghasilkan kolaborasi yang bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta memperkuat hubungan antara kedua institusi pendidikan ini.

(Aulia)

#Pendidikan #UniversitasAndalas 

No comments