Breaking News

KPK Sebut Harun Masiku Terlacak Berada di Luar Negeri


D'On, Jakarta,-
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melacak keberadaan mantan calon anggota legislatif (caleg) dari PDI Perjuangan Harun Masiku berada di luar negeri.

Harun Masiku diketahui merupakan salah satu orang yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) KPK dan kini statusnya masih buronan.

"Ada di luar negeri,” kata Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (5/1/2023).

Namun demikian, Asep tidak mengungkapkan lebih lanjut soal negara yang menjadi tempat Harun bersembunyi dari kejaran KPK. Dia hanya memastikan, KPK terus melakukan koordinasi dengan sejumlah agensi terkait di luar negeri.

“Informasi yang kita terima begitu (masih di luar negeri),” ungkap Asep.

Sebagai informasi, KPK sebelumnya memutuskan untuk tidak mengandalkan agensi lain dalam rangka memburu keberadaan Harun Masiku yang kini buron. KPK kini bakal berupaya memburu Harun dengan menggunakan cara-cara sendiri.

Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK, Karyoto mulanya menerangkan bahwa buron KPK bukan hanya Harun Masiku. Dia menekankan, KPK masih melakukan pengejaran terhadap sejumlah pihak.

Karyoto menambahkan, situasi kini sudah bagus ditandai dengan adanya hubungan kerja sama antarnegara yang positif untuk mencari keberadaan seseorang. Hanya saja, dia menerangkan KPK kini justru dalam posisi menunggu kerja agensi lain dalam memburu Harun.

"Kalau ini saya ibaratkan, saya ingin pergi ke daerah situ, orang daerah situ mengatakan kamu enggak usah ke sini dulu deh. Saya akan yang cek tentang informasi ini. Nah ini kita sambil ini menunggu, tapi kami kemarin sudah bersepakat ya sudah lah kita tidak akan mengandalkan dari agensi yang lain. Kita akan mencoba dengan cara-cara kita secara legal tentunya,” tutur Karyoto saat jumpa pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (22/11/2022).

Namun demikian, Karyoto menekankan KPK bakal tetap melakukan koordinasi dengan agensi lain jika memang dibutuhkan. Dia mencontohkan, dalam mencari keberadaan seorang saksi maupun tersangka di Singapura, KPK membangun koordinasi dengan Corrupt Practices Investigation Bureau (CPIB).

“Ini pun belum bisa kita update apakah memang betul saat ini ada di situ atau tidak. Kalau ada di situ tidak, karena saya yakin kami lembaga KPK dengan CPIB sudah ada kerja sama yang baik,” ujar Karyoto.

Sebelumnya, Karyoto menyampaikan adanya kemajuan dalam memburu keberadaan salah satu buronannya yakni Harun Masiku. KPK sudah memperoleh sejumlah informasi. "Kami sudah ada info hanya tinggal, ya paling tidak kita mau cari pendukung-pendukung lain," ungkap Karyoto.

Namun demikian, Karyoto tidak mengungkapkan lebih detail terkait info yang diperoleh KPK terkait pengejaran Harun Masiku. Dia hanya menekankan, pengejaran terhadap Harun tidak dihentikan.

"Jadi kami memang tidak tinggal diam," tutur Karyoto.


Sumber: BeritaSatu

#HarunMasiku #KPK #Korupsi