Breaking News

Menko Kemaritiman dan Investasi LBP Minta UMKM Lakukan Transformasi Ekonomi, Jangan Hanya Jualan Makanan dan Pakaian saja

D'On, Jakarta,- Pemerintah meminta sektor usaha Usaha mikro kecil menengah (UMKM) harus melakukan banyak transformasi. Pasalnya, UMKM jangan hanya menjual makanan hingga pakaian saja.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan mengatakan, UMKM jangan cuma menjual produk makanan minuman dan pakaian saja.

"Bangsa Indonesia sedang menghadapi tantangan yang mengharuskan kita melakukan transformasi diri agar bisa keluar dari situasi seperti ini agar bisa kuat dan lebih kompetitif. Jadi UMKM jangan hanya kita pikir makanan dan fashion," kata Luhut dalam acara peluncuran program bangga buatan Indonesia yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Minggu (30/8/2020).

Menurutnya, usaha makanan minuman bisa mudah untuk dimulai UMKM, tapi dia meminta jangan cepat puas. Adapun UMKM bisa bertransformasi masuk ke bidang industri teknologi.

"Kita mulai dari makanan minuman tapi nggak bisa berhenti di sini, UMKM harus masuk ke bidang teknologi," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio mengatakan telah melakukan sejumlah terobosan demi mendorong UMKM Go Digital. Di antaranya pelatihan prosedur ekspor, pengusulan kemudahan regulasi ekspor bagi UMKM domestik, pembuatan katalog e-digital untuk promosi ke pasar global.

"Nah kita juga punya inkubasi online parekraf, poin utamanya tetap untuk peningkatan daya saing UMKM kita," tandasnya.

(rzy/okz)