Breaking News

Pelatihan Penanggulangan Huru-Hara Tingkatkan SDM Satpol PP Padang

Personil Pol PP Padang Ikuti Pelatihan Penanggulan Huru Hara

D'On, Padang (Sumbar),-
Sekretaris Satpol PP Padang, Saraman, membuka secara resmi Pelatihan Penanggulangan Huru-Hara (PHH) di lapangan Pamong Praja, pada Rabu (5/6/2024). Pelatihan ini diadakan selama tiga hari di Mako Satpol PP Kota Padang dengan tujuan meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) personil Satpol PP dalam menangani pengendalian massa dan menjaga ketertiban umum.

Saraman menjelaskan, kegiatan ini diadakan berdasarkan arahan Kepala Satuan (Kasat) Pol PP untuk memperkuat kemampuan personil dalam menghadapi aksi unjuk rasa yang berpotensi mengganggu ketertiban umum dan ketentraman masyarakat. "Kami berkoordinasi dengan Kasat Samapta Polresta Padang untuk memberikan pelatihan ini," kata Saraman.

Pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan keterampilan personil Satpol PP dalam mengendalikan massa dan mengatasi situasi darurat dengan efektif. "Kami meminta agar personil mengikuti pelatihan ini dengan serius dan sungguh-sungguh," tambahnya.

Kepala Bidang Sumber Daya Aparatur (SDA) Satpol PP, Desril Tafria, memimpin langsung kegiatan ini. Menurutnya, pelatihan ini penting untuk mengulang dan mengingat kembali gerakan-gerakan dalam pasukan PHH. "Kami berharap dengan pelatihan ini, kemampuan anggota Satpol PP meningkat dan mereka dapat membantu TNI dan Polri dalam menanggulangi konflik agar tidak meluas," jelas Desril.

Selain meningkatkan keterampilan teknis, pelatihan ini juga bertujuan membangun mental dan kedisiplinan personil Satpol PP. Latihan fisik dan simulasi situasi darurat dilakukan untuk memastikan kesiapan personil dalam menghadapi berbagai kemungkinan di lapangan.

Koordinasi dan Sinergi dengan TNI-Polri

Pelatihan ini juga menekankan pentingnya koordinasi dan sinergi antara Satpol PP dengan TNI dan Polri dalam menanggulangi konflik. Dengan pelatihan bersama ini, diharapkan tercipta pemahaman dan kerja sama yang baik di antara berbagai institusi keamanan dalam menjaga ketertiban dan keamanan di Kota Padang.

Saraman menambahkan, pelatihan ini adalah bagian dari upaya berkelanjutan untuk memperkuat kemampuan dan kesiapan Satpol PP dalam menjalankan tugas-tugasnya. "Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kapasitas personil kami agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat," tutupnya.

Pelatihan Penanggulangan Huru-Hara ini tidak hanya menjadi ajang untuk meningkatkan keterampilan teknis, tetapi juga menjadi sarana untuk membangun semangat kerja sama dan solidaritas di antara personil Satpol PP. Dengan demikian, diharapkan Satpol PP Padang semakin siap dan tangguh dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat.

(*)

#PolPP #Padang

No comments