Breaking News

Tragedi di Padang: Turis Asing Asal Prancis Tewas Tertimpa Pohon Tumbang

Bule Prancis Tewas Usai Ditimpa Pohon Tumbang di Daerah Bungus 

D'On, Padang (Sumbar),-
Sebuah tragedi menggemparkan warga Padang ketika seorang wisatawan asing asal Prancis meninggal dunia setelah tertimpa pohon tumbang. Insiden memilukan ini terjadi di Penginapan Sumatera Ecolodge, kawasan Sungai Pisang, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, pada Rabu sore (22/5/2024).

Korban, Thuleau Aurore, yang berusia 29 tahun, sedang menikmati liburan bersama saudara kembarnya, Florian Thuleau, dan seorang teman bernama Ciryl Sebastien. Mereka bertiga baru saja tiba di Padang beberapa hari sebelumnya untuk menikmati keindahan alam Sumatera Barat.

"Kejadian ini sangat tragis. Kembaran dan temannya berhasil selamat dari insiden tersebut," ujar Kasi Humas Polresta Padang, Ipda Yanti Delfina, ketika ditemui di lokasi kejadian.

Menurut keterangan Ipda Yanti, insiden bermula ketika wilayah tersebut dilanda hujan lebat yang disertai angin kencang sekitar pukul 15.00 WIB. Tanpa peringatan, sebuah pohon besar yang berdiri di dekat penginapan tumbang dan langsung menimpa kamar yang ditempati korban dan rekan-rekannya.

Seketika, suasana berubah menjadi kacau. Pohon beserta reruntuhan material penginapan menimpa Thuleau Aurore, yang berada di dalam kamar saat itu. Upaya penyelamatan terhambat oleh lokasi penginapan yang terpencil serta minimnya peralatan evakuasi.

"Warga sekitar berusaha keras untuk mengevakuasi korban dengan alat seadanya. Mereka menebang pohon secara manual dengan gergaji tangan," jelas Ipda Yanti. "Tidak lama kemudian, personil BPBD dan Polsek Bungus tiba di lokasi dan segera membantu proses evakuasi."

Setelah berjuang selama beberapa jam, tim evakuasi akhirnya berhasil mengevakuasi korban pada pukul 18.00 WIB. Namun, nyawa Thuleau Aurore tidak tertolong. Korban dinyatakan meninggal di tempat akibat luka parah yang dideritanya.

Jenazah Thuleau Aurore kemudian dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Padang untuk menjalani pemeriksaan visum. "Jenazah tiba di RS Bhayangkara Padang sekitar pukul 20.00 WIB," tambah Ipda Yanti.

Tragedi ini mengguncang komunitas lokal dan para wisatawan yang menginap di area tersebut. Banyak yang mengungkapkan rasa belasungkawa mendalam kepada keluarga korban. Pihak berwenang setempat juga diharapkan dapat meningkatkan pengawasan dan melakukan tindakan pencegahan untuk menghindari insiden serupa di masa depan.

Peristiwa ini mengingatkan kita akan pentingnya kewaspadaan terhadap kondisi cuaca ekstrem dan pentingnya kesiapan alat serta protokol evakuasi di daerah-daerah wisata yang rawan bencana. Turis-turis yang berkunjung ke Indonesia diharapkan selalu memantau informasi cuaca dan mengikuti panduan keselamatan yang diberikan oleh pihak pengelola tempat wisata.

(*)

#Peristiwa #PohonTumbang

No comments