Breaking News

Pusat Islamic dan Quran Segera Hadir di Padang

PJ Walikota Padang Andree Algamar 

D'On, Padang (Sumbar),-
Masjid Agung Nurul Iman Kota Padang Akan Menjadi Islamic dan Quran Center. Dalam sebuah langkah strategis untuk meningkatkan peran masjid sebagai pusat pembelajaran dan kegiatan keagamaan, Masjid Agung Nurul Iman Kota Padang tengah dalam perencanaan untuk dijadikan sebagai Islamic dan Quran Center. Penjabat (Pj) Wali Kota Padang, Andree Algamar, menekankan pentingnya fokus pada pemeliharaan masjid sebagai langkah awal untuk mewujudkan visi ini.

Fokus Utama: Pemeliharaan Fasilitas

"Pertama, kita harus melakukan pemeliharaan terlebih dahulu, terutama pada toilet. Kemudian, perbaikan sirkulasi udara atau penambahan AC juga sangat penting. Jika dua item ini sudah diperbaiki dengan tepat, kenyamanan jemaah akan meningkat," ucap Andree Algamar dalam Rapat Pengurus Masjid Agung Nurul Iman di Rumah Dinas Wali Kota Padang, Sabtu, (25/5/2024).

Tahap Selanjutnya: Optimalisasi Sarana-Prasarana

Lebih lanjut, Andree menyebutkan bahwa pihaknya secara bertahap akan mengoptimalkan kemajuan sarana-prasarana di Masjid Agung Nurul Iman. Peningkatan ini diharapkan tidak hanya akan meningkatkan jumlah jamaah yang beribadah, tetapi juga menjadikan masjid sebagai tujuan kunjungan wisata religi bagi wisatawan yang datang ke Kota Padang.

"Masjid Agung Nurul Iman ini salah satu yang bersejarah, dibangun sejak tahun 1958. Masjid ini strategis karena terletak di jantung kota, sangat nyaman untuk melakukan ibadah salat lima waktu, kegiatan keagamaan, dan hal positif lainnya," jelas Andree dalam rapat yang dipimpin oleh Plh Sekda Kota Padang, Yosefriawan.

Menghidupkan Kembali Kegiatan Keagamaan

Sekretaris Umum Masjid Agung Nurul Iman, Maigus Nasir, menuturkan bahwa untuk menjadikan masjid sebagai Islamic dan Quran Center, harus dimulai dengan menghidupkan kembali kegiatan keagamaan di dalamnya. Salah satu inisiatif yang diusulkan adalah mengadakan pengajian dari berbagai forum di Kota Padang. 

"Kita bisa mendatangkan kelompok pelajar rohani Islam (Rohis) pada hari tertentu untuk mengisi kegiatan keagamaan. Ini akan menjadi langkah awal yang baik untuk menghidupkan kembali suasana religius di masjid," ungkap Maigus.

Ketua Harian Masjid Agung Nurul Iman, Salmadanis, berharap dengan upaya meningkatkan kebersihan serta kenyamanan jamaah, masjid yang berada di Jalan Imam Bonjol itu bisa menjadi ikon wisata religi di Kota Padang.

"Dengan fasilitas yang lebih baik dan program keagamaan yang aktif, kami berharap Masjid Agung Nurul Iman akan menjadi pusat Islamic dan Quran yang dikenal luas, bukan hanya di Padang tetapi juga di seluruh Indonesia," ujar Salmadanis penuh harap.

Melalui langkah-langkah ini, Masjid Agung Nurul Iman diharapkan akan berkembang menjadi pusat keagamaan yang tidak hanya memberikan kenyamanan beribadah tetapi juga memperkaya kehidupan spiritual masyarakat dan menarik minat wisatawan religi. Dengan komitmen dari berbagai pihak, cita-cita ini bukanlah hal yang mustahil untuk diwujudkan.

(*)

#Religi #Islami #Padang

No comments