Breaking News

Peluang Timnas Indonesia Salip Thailand di Ranking FIFA Meningkat Pasca Komentar Kontroversial Madam Pang

Madam Pang Ketua Federasi Sepakbola Thailand 

Dirgantaraonline,-
Ranking FIFA Timnas Indonesia berpotensi melampaui Thailand dalam waktu dekat, dipicu oleh komentar kontroversial Presiden Federasi Sepakbola Thailand (FAT), Madam Pang. Pernyataan nyeleneh tersebut dilontarkan saat Kongres Tahunan FIFA di Bangkok, Thailand, beberapa waktu lalu.

Madam Pang menyatakan keraguannya akan kemampuan Timnas Indonesia melewati level Thailand. "Saya tidak yakin (Timnas Indonesia melampaui Thailand). Seperti yang Anda ketahui setiap negara sekarang terutama di Asia dan juga Asia Tenggara, level sepak bola sangat dekat sehingga kami tidak dapat menghitung bahkan kami berada di peringkat 101 dunia," ungkapnya, seperti dikutip dari YouTube Harimau Malaya.

Menanggapi komentar ini, PSSI segera mengirim surat resmi kepada FAT, mengusulkan pertandingan uji coba antara Timnas Indonesia dan Thailand. Meskipun tanggal pasti pertandingan belum ditentukan, kemungkinan besar laga ini tidak akan berlangsung tahun ini jika Timnas Indonesia berhasil lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pertandingan tersebut paling cepat bisa digelar pada pertengahan 2025.

Mengintip Peluang Indonesia di Ranking FIFA

Saat ini, Thailand berada di peringkat 101 dunia dengan 1.208,93 poin, sementara Timnas Indonesia menempati peringkat 134 dengan 1.102,7 poin. Meskipun terdapat selisih 33 peringkat dan 106,23 poin, Timnas Indonesia memiliki peluang besar untuk merapatkan jarak tersebut.

Timnas Indonesia berpeluang besar mendapatkan tambahan poin signifikan jika lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Dalam skenario ini, Indonesia bisa memperoleh hingga 30 poin pada setiap FIFA Matchday hingga akhir tahun ini (Juni, September, Oktober, dan November 2024). Tambahan poin ini semakin mungkin dengan hadirnya pemain-pemain keturunan berkualitas dalam skuad Garuda.

Sebaliknya, Thailand hanya akan bermain di laga uji coba dengan bobot poin yang lebih rendah jika gagal lolos. Thailand di ambang kegagalan jika kalah atau imbang melawan China pada matchday kelima, yang akan memastikan mereka tidak lolos ke babak ketiga kualifikasi.

Dampak Psikologis dan Strategis

Komentar Madam Pang tak hanya memicu reaksi dari PSSI, namun juga memotivasi Timnas Indonesia untuk membuktikan kemampuan mereka. Strategi PSSI yang segera mengajukan tantangan uji coba menunjukkan kepercayaan diri dan kesiapan mereka untuk bersaing di level tertinggi.

Dalam konteks psikologis, pernyataan Madam Pang bisa menjadi pelecut semangat bagi para pemain dan pelatih Timnas Indonesia. Kepercayaan diri yang meningkat ini diharapkan dapat tercermin dalam performa di lapangan, terutama dalam pertandingan-pertandingan penting yang akan datang.

Dengan kondisi yang ada, peluang Timnas Indonesia untuk melampaui Thailand dalam ranking FIFA sebelum tahun 2025 sangat terbuka lebar. Selain bergantung pada hasil pertandingan Timnas Indonesia di babak kualifikasi, ketergantungan Thailand pada laga uji coba yang bobot poinnya lebih rendah juga menjadi faktor penentu.

Kini, perhatian para pecinta sepak bola di Indonesia tertuju pada performa Timnas dalam beberapa bulan ke depan. Jika skenario ideal terjadi, sejarah baru bisa tercipta, menandai kebangkitan sepak bola Indonesia di kancah internasional.

(Mond)

#Sepakbola #Olahraga #TimnasIndonesia

No comments