Breaking News

Jusuf Kalla Sindir IKN: Jokowi Luncurkan Proyek Besar Tanpa Janji

Jusuf Kalla Mantan Wakil Presiden 

D'On, Jakarta,-
Dalam pertemuan yang berlangsung di kediaman pribadinya pada Rabu (22/5/2024), mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memberikan pesan khusus kepada presiden terpilih, Prabowo Subianto. Dalam pertemuan yang juga dihadiri oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo serta Wakil Ketua MPR Ahmad Basara dan Syarif Hasan, JK menekankan pentingnya perencanaan yang matang dan konsistensi dalam kebijakan pemerintahan.

Efisiensi dan Kepastian Tujuan

JK mengingatkan bahwa efisiensi dan kejelasan tujuan sangat penting dalam pemerintahan. “Jadi efisiensi kemudian tujuannya jelas yang ada targetnya. Jangan tiba-tiba ada proyek besar. Tiba-tiba katakanlah IKN. Itu tidak ada di janji kampanye, tidak ada di ini, tidak ada di perencanaan, tiba-tiba muncul,” ujar JK.

Pernyataan ini merujuk pada proyek besar pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang dinilai muncul tiba-tiba tanpa ada dalam perencanaan awal atau janji kampanye sebelumnya. JK menekankan bahwa proyek besar yang tiba-tiba muncul tanpa rencana jangka panjang bisa menyebabkan inefisiensi dan pemborosan anggaran negara.

Pesan Penting: Perencanaan Kebijakan

Mengutip CNN Indonesia, JK sebelumnya juga telah mengingatkan pasangan Prabowo-Gibran untuk memiliki rencana kebijakan yang matang sebelum resmi dilantik. Menurutnya, tanpa perencanaan jangka panjang atau jangka menengah yang jelas, pemerintahan akan kesulitan untuk mengontrol dan mengarahkan kebijakan. “Kalau tidak ada perencanaan jangka panjang atau jangka menengah, maka apanya yang mau dikontrol. Karena itu rencana jangka panjang apakah dalam bentuk target atau semacamnya yang lebih efisien,” jelasnya.

Menekan Pengeluaran dan Efisiensi Anggaran

JK juga menekankan pentingnya efisiensi dalam pengeluaran negara. Ia menekankan bahwa langkah-langkah efisiensi harus sudah mulai diterapkan sejak tahun pertama kepemimpinan Prabowo. Beberapa langkah efisiensi yang disarankan oleh JK termasuk penyesuaian besaran bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat hingga pengurangan subsidi yang tidak tepat sasaran.

Dengan saran ini, JK berharap pemerintahan Prabowo dapat berjalan lebih efektif dan efisien, sehingga dana negara bisa digunakan untuk program-program yang benar-benar bermanfaat bagi masyarakat.

Tantangan dan Harapan

Pesan JK ini mencerminkan harapan sekaligus tantangan bagi Prabowo Subianto dalam memimpin Indonesia. Kesiapan dalam perencanaan dan pelaksanaan kebijakan akan menjadi kunci kesuksesan pemerintahan baru ini. Harapan JK agar tidak ada lagi kebijakan mendadak tanpa perencanaan yang matang menunjukkan betapa pentingnya kestabilan dan kejelasan visi dalam memimpin negara.

Bagi Prabowo, tantangan ini bukan hanya tentang memimpin dengan efisiensi, tetapi juga tentang menjaga kepercayaan dan harapan masyarakat yang telah memilihnya. Dengan pesan dari JK ini, diharapkan Prabowo dapat mengarahkan pemerintahannya ke jalur yang lebih terencana dan berorientasi pada hasil yang nyata bagi kemajuan Indonesia.

Pesan dan harapan dari mantan Wakil Presiden ini seharusnya menjadi pertimbangan serius bagi pemerintahan baru dalam menjalankan tugas-tugasnya. Semoga pemerintahan Prabowo dapat mengambil hikmah dari nasihat ini dan menjadikan Indonesia lebih maju dan efisien dalam segala aspek.

(Mond)

#IKN #JusufKalla #Nasional

No comments