Breaking News

Banjir ROB Terjang Kelurahan Berok Nipah, Puluhan Rumah Terdampak

Banjir ROB Terjang Kelurahan Berok Nipah Kota Padang 

D'On, Padang (Sumbar),-
Banjir ROB kembali melanda kawasan pesisir Kota Padang. Kali ini, Kelurahan Berok Nipah, Kecamatan Padang Barat Kota Padang menjadi salah satu wilayah yang paling parah terdampak. Berdasarkan laporan yang diterima, air pasang mulai naik sekitar pukul 11.40 siang dan dengan cepat menggenangi permukiman warga di RT 01 hingga RT 04 RW 01.

Warga setempat menyebutkan bahwa air mulai masuk ke rumah mereka dengan cepat, menyebabkan kepanikan dan kerugian yang tidak sedikit. "Kami tidak menyangka air akan naik secepat ini. Semua barang-barang rumah tangga terendam air," ujar Pak Ridwan, salah satu warga RT 02 yang rumahnya terendam hingga lutut.

Situasi Terkini di Lapangan

Hingga berita ini diturunkan, belum ada informasi pasti mengenai jumlah kepala keluarga (KK) yang terdampak banjir. Namun, dari pengamatan di lapangan, diperkirakan puluhan rumah mengalami kerusakan akibat air pasang yang datang tiba-tiba. Sejumlah warga terlihat berusaha menyelamatkan barang-barang berharga dan mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

"Air naik sangat cepat, tapi kami khawatir ini bisa terjadi lagi dan makin besar," ungkap Ibu Sari, warga RT 03 yang terlihat sibuk memindahkan perabotan rumahnya. "Kami berharap pemerintah segera memberikan bantuan dan solusi untuk masalah banjir ROB ini," tambahnya.

Langkah Antisipasi ke Depan

Fenomena banjir ROB ini bukan yang pertama kali terjadi di Kelurahan Berok Nipah. Warga berharap ada langkah konkret dari pemerintah untuk mengatasi masalah ini secara permanen. Salah satu usulan yang mencuat adalah pembangunan tanggul penahan air laut dan peningkatan sistem drainase di daerah pesisir.

"Kami butuh solusi jangka panjang. Banjir ini bukan hanya merusak rumah, tapi juga mengganggu aktivitas dan mata pencaharian kami," tegas Pak Ahmad, tokoh masyarakat setempat.

Banjir ROB di Kelurahan Berok Nipah, Kota Padang, menjadi pengingat bahwa perubahan iklim dan kondisi geografis yang rentan memerlukan perhatian serius dari semua pihak. Diperlukan kerjasama antara pemerintah, masyarakat, dan berbagai pihak terkait untuk menghadapi tantangan ini dan melindungi kehidupan warga di pesisir kota Padang.

Untuk informasi lebih lanjut dan perkembangan terkini, masyarakat diharapkan terus memantau berita dan mengikuti arahan dari BPBD serta pihak berwenang. Semoga situasi segera membaik dan penanganan banjir dapat dilakukan dengan efektif.

(Mond)

#Peristiwa #BanjirROB #Padang

No comments