Breaking News

Banjir Bandang dan Longsor di Agam Putus Jalan Utama, Arus Lalu Lintas Dialihkan ke Lintas Tengah

Direktur Lalu Lintas Polda Riau, Kombes Taufik Lukman Nurhidayat.

D'On, Pekanbaru (Riau),-
Sumatera Barat dilanda bencana banjir bandang dan tanah longsor pada Minggu (12/5/2024), yang mengakibatkan putusnya jalan utama di wilayah Lembah Anai. Dampak dari bencana ini menyebabkan gangguan besar pada arus lalu lintas dari Provinsi Riau menuju Bukittinggi dan Kota Padang. Para pengguna jalan kini harus mencari rute alternatif demi keamanan dan kelancaran perjalanan mereka.

Tim dari Direktorat Lalu Lintas Polda Riau telah turun tangan untuk memastikan keamanan jalur alternatif. Direktur Lalu Lintas Polda Riau, Kombes Taufik Lukman Nurhidayat, menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan pemantauan langsung hingga ke perbatasan Sumatera Barat untuk mengecek kondisi jalan.

"Dalam situasi seperti ini, keselamatan adalah yang utama. Kami menyarankan kepada pengendara yang akan berangkat dari Riau menuju Kota Padang, Sumatera Barat agar menempuh jalur lintas tengah melewati Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing)," ujar Kombes Taufik, Selasa (14/5/2024).

Jalur Alternatif yang Aman

Kombes Taufik menjelaskan bahwa meskipun jalur utama melalui Lembah Anai masih terputus, rute menuju Kota Bukittinggi melalui Bangkinang, Kampar, sudah dapat dilalui dengan lancar. Kondisi di rute ini cukup aman dan terkendali setelah dilakukan pengecekan langsung oleh tim dari Polda Riau.

"Kemarin kami sudah mengecek langsung ke lokasi hingga wilayah Lima Puluh Kota. Jalur menuju Kota Bukittinggi sudah bisa dilalui dengan aman. Namun, untuk rute dari Padang menuju Bukittinggi masih terputus, sehingga kami menyarankan agar masyarakat yang menuju Padang mengambil jalur lintas tengah melalui Kuansing," jelas Kombes Taufik.

Imbauan Keselamatan bagi Pengguna Jalan

Menghadapi situasi darurat ini, Kombes Taufik mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar selalu berhati-hati. "Kami mengajak seluruh pengguna jalan untuk menjadi pelopor keselamatan dalam berkendara, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Utamakan keselamatan di jalan, baik di jalan tol maupun arteri," tegasnya.

Bencana alam ini mengingatkan kita semua akan pentingnya kewaspadaan dan kesiapan menghadapi situasi darurat. Dengan mengikuti arahan dari pihak berwenang dan memprioritaskan keselamatan, kita dapat mengurangi risiko kecelakaan dan memastikan perjalanan yang lebih aman bagi semua pihak. 

Banjir bandang dan tanah longsor yang melanda Kabupaten Agam, Sumatera Barat, telah menimbulkan dampak signifikan terhadap arus lalu lintas. Para pengendara disarankan untuk mengikuti jalur alternatif yang telah ditentukan demi keselamatan. Dengan langkah-langkah penanganan yang tepat dan kerjasama dari semua pihak, diharapkan situasi ini dapat segera diatasi dan kondisi lalu lintas kembali normal.

(Mond)

#Lalulintas #BanjirBandang

No comments