Breaking News

Operasi Damai Cartenz Berhasil Melumpuhkan Dua Anggota KKB Aktif di Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan

Kelompok Kriminal Bersenjata Serang Anggota Kepolisian di Papua.

D'On, Timika (Papua),-
Satuan Tugas Operasi Damai Cartenz telah berhasil melumpuhkan dua anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang aktif beroperasi di Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, pada Kamis (11/4/2024).

Kedua anggota KKB yang berhasil dilumpuhkan adalah Afrika Heluka, yang merupakan anggota KKB di bawah pimpinan Kopi Tua Heluka, serta Toni Wetapo, yang dikenal juga sebagai Toni Giban dan merupakan bagian dari kelompok pimpinan Yotam Bugiangge.

Kombes Pol Faizal Ramadhani, Kepala Operasi Damai Cartenz, menyatakan bahwa Afrika Heluka merupakan Daftar Pencarian Orang (DPO) dalam kasus penembakan yang menewaskan Brigpol Usdar dari Polres Yahukimo pada 29 November 2022. Selain itu, Afrika Heluka juga terlibat dalam serangkaian penembakan lainnya, termasuk penembakan terhadap personel Brimob Satgas Preventif Operasi Damai Cartenz dan penembakan di Mako Polres Yahukimo.

Toni Wetapo alias Toni Giban, anak buah dari Yotam Bugiangge, juga terlibat dalam aksi kekerasan, termasuk pembantaian masyarakat pendulang emas di Kali I Yahukimo yang menewaskan 13 orang pada Oktober 2023, serta terlibat dalam penembakan pesawat Wings Air di Bandara Nop Goliat Dekai, Yahukimo pada Februari 2024.

Selain berhasil melumpuhkan kedua anggota KKB tersebut, Satgas Damai Cartenz juga berhasil mengamankan enam orang lain yang diduga kuat merupakan anggota KKB aktif. Mereka saat ini diamankan di posko Operasi Damai Cartenz wilayah Yahukimo untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

AKBP Bayu Suseno, Kasatgas Humas Damai Cartenz, menegaskan bahwa tindakan ini merupakan peringatan keras bagi kelompok KKB untuk menghentikan segala aksi kekerasan dan gangguan keamanan di Papua. Tindakan Satgas Damai Cartenz memberikan pesan jelas kepada pelaku kejahatan bahwa tindakan mereka tidak akan ditoleransi dan akan dihadapi dengan tindakan hukum tegas.

Berita ini menjadi sorotan penting karena menyoroti upaya penegakan hukum terhadap kelompok bersenjata yang kerap mengancam keamanan dan stabilitas di wilayah Papua. Dengan detail peristiwa yang disajikan, pembaca dapat memahami betapa pentingnya upaya Satgas Damai Cartenz dalam memastikan keamanan dan ketertiban di daerah tersebut.

(*)

#KKB #Papua #Perisriwa #SatgasDamaiCartenz

No comments