Breaking News

Keterbukaan Informasi Publik: Pilar Penting dalam Menjaga Stabilitas Keamanan dan Ketertiban Masyarakat

Ketua Komisioner Komisi Informasi Publik (KIP) Donny Yoesgiantoro

D'On, Jakarta,-
Ketua Komisioner Komisi Informasi Publik (KIP), Donny Yoesgiantoro, menegaskan bahwa keterbukaan informasi publik bukan hanya tentang akses kepada data, tetapi juga merupakan pertahanan dalam perang informasi modern. Dalam perang yang lebih mengandalkan intelijensi, akses terhadap informasi menjadi kunci bagi stabilitas sektor keamanan dan ketertiban masyarakat.

Dalam pertemuan Rakernis Humas 2024, Donny menyoroti bahwa UU KIP Nomor 14 Tahun 2018 menegaskan hak setiap individu untuk memperoleh informasi dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan. Namun, penting juga untuk diingat bahwa tidak semua informasi dapat dibuka kepada publik, terutama yang berkaitan dengan rahasia negara, rahasia pribadi, dan rahasia bisnis.

"Sebab, perang modern bukan lagi perang fisik dengan kekuatan militer, melainkan perang informasi. Intelijensi sangat penting dalam perang. Itu yang diandalkan pasukan dalam setiap gerakan mereka," ujar Ketua Donny dalam Rakernis Humas 2024, Selasa (23/4/24).

Donny memberikan contoh bahwa pengungkapan informasi yang dapat membahayakan pertahanan negara atau merugikan kepentingan luar negeri harus diperhatikan secara cermat. Meskipun demikian, tantangan muncul dalam menerapkan keterbukaan informasi ini, terutama dalam mengubah budaya dan pola pikir di sejumlah lembaga publik yang masih enggan atau sulit menerima konsep ini.

Dalam era di mana teknologi memainkan peran sentral, keterbukaan informasi menjadi semakin penting namun juga semakin kompleks. Adopsi keterbukaan informasi sebagai budaya organisasi dan pemahaman akan urgensinya di semua tingkatan kepemimpinan menjadi krusial untuk menghadapi tantangan-tantangan ini. Dengan demikian, upaya untuk membangun kesadaran akan pentingnya keterbukaan informasi menjadi langkah yang tak terelakkan dalam menjaga stabilitas sektor keamanan dan ketertiban masyarakat.

(*)

#KIP #Polri #Nasional

No comments