Breaking News

Inovasi dan Dedikasi: Banda Buek Wakili Padang dalam Lomba PKK Tingkat Sumbar

Tim PKK Bandar Buat Wakili Kota Padang ke Tingkat Provinsi Sumatera Barat 

D'On, Padang (Sumbar),-
TP PKK Kelurahan Banda Buek, yang berada di Kota Padang, telah menjadi perwakilan yang sangat berharga dalam Lomba Gerakan PKK Tingkat Sumatra Barat tahun 2024. Dalam penilaian yang berlangsung di Kantor Kelurahan Banda Buek pada hari Senin (29/4/2024), tim penilai dari TP-PKK Provinsi Sumbar, yang dipimpin oleh Ny. Harneli Mahyeldi, disambut hangat oleh Wali Kota Padang Hendri Septa, Ny. Genny Hendri Septa, dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah terkait.

Ny. Harneli Mahyeldi, selaku Ketua TP-PKK Sumbar, menjelaskan bahwa penilaian akan meliputi beberapa aspek penting, seperti kelembagaan dan administrasi PKK yang tertib, pola asuh anak dan remaja di era digital, serta kampung mandiri. Lebih lanjut, penilaian juga akan memperhatikan kawasan yang menerapkan prinsip amal, kukuhkan halaman yang asri, teratur, indah, dan nyaman, serta praktik Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan (PHBS). Betapa pentingnya lomba ini dijelaskan oleh Mahyeldi, yang menegaskan bahwa penilaian tidak semata seremonial, melainkan berdasarkan realitas lapangan.

"Kemudian, penilaian kawasan amalkan dan kukuhkan halaman asri teratur indah dan nyaman, penilaian PHBS plus. Kegiatan lomba bukan hanya seremonial, penilaian dilakukan sesuai dengan kenyataan di lapangan," jelas Harneli Mahyeldi.

Hendri Septa, Wali Kota Padang, mengakui peran besar yang dimainkan oleh ibu-ibu PKK sebagai pejuang keluarga. Dia juga memuji inovasi yang dihasilkan oleh Kelurahan Banda Buek, seperti pengembangan tanaman toga (dari olahan sirsak dan madu galo-galo) untuk menciptakan lingkungan yang asri. Septa menyampaikan harapannya agar PKK dapat terus menjalankan program-programnya dengan baik sehingga dapat menjadi pionir dalam pembinaan keluarga.

"Peran PKK melahirkan dan membina keluarga yang sejahtera, disamping itu kita berharap dari PKK menjalankan 10 program PKK. Sehingga PKK menjadi pionir dalam pembinaan keluarga,"  jelasnya.

Ketua TP-PKK Kota Padang, Ny. Genny Hendri Septa, menekankan bahwa Tim Penggerak PKK merupakan mitra kerja pemerintah yang sangat penting dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Dia menyoroti peran PKK sebagai organisasi yang memiliki keterlibatan langsung dengan keluarga dan berperan besar dalam membina dan meningkatkan kualitas anggota keluarga melalui kader-kadernya. Genny Hendri Septa berharap bahwa melalui lomba ini, visi PKK untuk menciptakan keluarga yang mandiri dan sejahtera dapat terwujud.

"PKK sebagai organisasi yang berhubungan langsung dengan keluarga, serta memiliki andil yang besar dalam membina dan memaksimalkan anggota keluarga melalui kadernya. Semoga melalui lomba ini dapat terwujud keluarga yang mandiri dan sejahtera," harapnya.

(Rini)

#PKK #Padang

No comments