Breaking News

TNI Kuasai Markas Teroris Papua di Maybrat dan Ungkap Barang-Bukti Penting!

TNI Berhasil Melibas Markas Teroris Papua di Maybrat: Penaklukan Dramatis Pimpinan Manfred Fatem pada Senin, 29 Januari 2024 (istimewa)

D'On, Maybrat (Papua Barat Daya),-
Tim Satgas Yonif 133/YS berhasil menguasai markas kelompok separatis teroris Papua (KSTP) Kodap IV/Sorong Raya di Dusun Sagu, Aifat Timur Jauh Maybrat, Papua Barat Daya, pada Senin (29/1/2024). 

Letkol Inf Andhika Ganessakti menyatakan bahwa penaklukan ini bermula dari informan yang mengungkapkan dua simpatisan KSTP mengantar logistik ke hutan untuk mendukung gerakan Manfred Fatem.

"Kami telah berhasil menguasai dan menduduki Markas KKB pimpinan Manfred Fatem yang berada di Dusun Sagu-Aifat Timur Jauh," kata tim Satgas Yonif 133/YS Letkol Inf Andhika Ganessakti dalam keterangannya, Senin (29/1/2024).

Tim mobile Yonif 133/Yudha menangkap kedua simpatisan di Kampung Aisa, Distrik Aifat Timur Jauh, Maybrat, untuk pemeriksaan lebih lanjut. Hasil interogasi mereka membantu merencanakan penyergapan terhadap markas KSTP pimpinan Manfred Fatem. Meskipun dalam penyergapan tersebut tidak ditemukan anggota KSTP, markas tersebut dihancurkan, dan sejumlah barang bukti disita.

Kolonel Czi Gusti Nyoman Suriastawa dari Kogabwilhan III mengonfirmasi bahwa markas KSTP di Maybrat sudah dikuasai dan dihancurkan oleh TNI. Namun, ia mencatat bahwa saat penyergapan, KSTP mungkin sudah meninggalkan markas karena informasi bocor.

“Benar, bahwa markas KSTP kodap IV /Sorong Raya di Maybrat pimpinan Manfred Fatem telah dikuasai dan dihancurkan TNI, tetapi saat penyergapan keburu ditinggalkan, sepertinya informasi bocor dan diketahui KSTP sebelum TNI mendekat ke Markas tersebut,” ujar Suriastawa

Barang bukti yang berhasil diamankan meliputi bendera Bintang Kejora, 6 butir amunisi kaliber 5,56 mm, 1 buah teleskop, 1 buah solar cell, beberapa senter, 2 lembar kartu KIS, 3 buah charger HP, 1 buah lensa kamera, 1 buah HP, beberapa busur dengan anak panahnya, bahan makanan, dan beberapa jenis obat-obatan.

Saat ini, aparat TNI dan POLRI masih melakukan penyisiran terhadap tempat-tempat persembunyian kelompok KSTP pimpinan Manfred Fatem di wilayah Maybrat.

(Mond/B1)


#KKB #Militer #TNI