Breaking News

Donald Trump Soroti Serangan di Yordania, Joe Biden Dituding Sebagai Dalang

Foto Satelit Serangan pesawat tak berawak di Tower 22, timur laut Yordania, pada 28 Januari 2024, menewaskan tiga tentara Amerika dan melukai banyak lainnya, kata Presiden Joe Biden  (AP/Planet Labs PBC)

D'On, Amerika Serikat,-
Mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengemukakan simpati terhadap tiga anggota militer AS yang tewas dalam serangan drone di Yordania pada 28 Januari 2024. Trump menyalahkan Presiden Joe Biden atas peristiwa tersebut, menyebutnya sebagai konsekuensi dari kelemahan Biden.

Penting untuk dicatat bahwa Trump menyatakan sikap keras terhadap Iran dan meyakini bahwa serangan tersebut tidak akan terjadi jika dia masih menjabat sebagai presiden. Biden, di sisi lain, menyalahkan militan yang didukung Iran atas serangan itu, yang diluncurkan dari Suriah.

"Serangan kurang ajar terhadap Amerika Serikat ini merupakan konsekuensi mengerikan dan tragis dari kelemahan dan penyerahan diri Joe Biden," tulis Trump dalam serangkaian unggahan di Truth Social tentang serangan tersebut, seperti dikutip Newsweek.

Pentagon mengonfirmasi tiga personel militer AS tewas dan lebih dari 30 lainnya terluka. Serangan ini diakui sebagai serangan pesawat tak berawak, diluncurkan dari Suriah dekat perbatasan Yordania-Suriah.

Konteks lebih lanjut melibatkan situasi di Timur Tengah sejak Oktober 2023, ketika Hamas melancarkan serangan ke Israel. Ini memicu respons Israel dengan memutus pasokan penting dan listrik ke Gaza, serta menyatakan perang melawan Hamas. Dalam beberapa bulan, lebih dari 26.000 warga Palestina tewas, ribuan lainnya hilang atau terluka parah, dan sebagian besar populasi Gaza mengungsi.

Biden, menghadapi situasi ini, berjanji untuk menanggapi serangan di Timur Tengah. Sementara Trump menyoroti perlunya kembali ke pendekatan "PERDAMAIAN MELALUI KEKUATAN."

Perlu dicatat bahwa kondisi di Timur Tengah semakin berbahaya bagi AS dan pasukannya yang ditempatkan di sana sejak Oktober 2023.

(*)

#Internasional #DonaldTrump #JoeBiden #AmerikaSerikat