Breaking News

Satu Prajurit TNI Tertembak dalam Serbuan KKB ke Kantor Bupati Intan Jaya Papua Tengah

Teroris KKB (ist)

D'On, Intan Jaya (Papua Tengah),-
Terjadi serangan yang mengerikan di kantor Bupati Intan Jaya, Sugapa, Papua Tengah pada Senin (29/1/2024), oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang dipimpin oleh Undius Kogoya. Penyerangan terjadi selama pengamanan rapat Forkopimda Kabupaten Intan Jaya yang dipimpin oleh Penjabat Bupati.

Saat pasukan TNI yang berjaga di lokasi terlibat dalam baku tembak dengan KKB, seorang prajurit dari Batalyon Infanteri Para Raider 330/Tri Dharma, yaitu Praka Nur Fajar Fadli, mengalami luka tembak dan telah dievakuasi ke Timika. Dandim 1705/Nabire Letkol Inf Doni Firmansah menyatakan kejadian ini dalam konteks sedang menghadiri rakor Pemprov Papua Tengah di Nabire.

Kapolres Intan Jaya, AKBP Afrizal Asri, menjelaskan bahwa kontak tembak terjadi sekitar pukul 11.43 WIT saat anggota TNI-Polri melakukan pengamanan di kantor Bupati Intan Jaya selama rapat Forkopimda. Kejadian tersebut terkait dengan pembahasan pergeseran Patung Yesus dari Kabupaten Intan Jaya ke Kota Timika, Kabupaten Mimika.

Usai penyerangan di kantor Bupati, Undius Kogoya dan kelompoknya melakukan tindakan brutal lainnya dengan menembaki dan membakar rumah anggota DPRD Intan Jaya. Aparat TNI-Polri sedang melakukan pengejaran terhadap pelaku, sementara Undius Kogoya memerintahkan untuk mengalihkan sasaran kepada pesawat sipil yang melakukan rute penerbangan ke Sugapa. Ancaman serius ini juga melibatkan ancaman pembunuhan terhadap masyarakat serta pembakaran honai untuk menghilangkan jejak.

Kejadian ini terjadi setelah pasukan elite TNI-Polri menewaskan tujuh anggota KKB dalam serangkaian penyerangan sebelumnya di beberapa lokasi. Korban serangan terakhir sudah dievakuasi ke Timika dengan menggunakan helikopter dan dirawat di Puskesmas Sugapa. Kapolres menyatakan bahwa kondisi korban saat ini dilaporkan stabil.

Situasi di Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah, semakin memanas dengan tindakan keji KKB yang dipimpin oleh Undius Kogoya. Pemerintah dan aparat keamanan sedang berupaya keras untuk menanggapi dan menangani ancaman tersebut guna menjaga keamanan dan stabilitas di wilayah tersebut.

(Mond/Okz)


#Peristiwa #KKB #Papua #PrajuritTNITertembak