Breaking News

11 Tewas dalam Baku Tembak di Kantor Polisi Iran

Ilustrasi penembakan 

D'On, Teheran (Iran),-
Kantor polisi di Iran berubah menjadi arena baku tembak, oleh sekelompok orang bersenjata pada Jumat (15/12/2023). TV Pemerintah Iran melaporkan, akibat serangan tersebut 11 orang tewas, dan delapan lainnya terluka.

Menurut Wakil Gubernur  Provinsi Sistan dan Baluchestan, Ali Reza Marhemati, petugas polisi senior dan tentara termasuk di antara mereka yang tewas dan terluka dalam serangan pada Jumat dini hari sekitar pukul 02.00 di Kota Rask, barat daya Teheran

TV pemerintah menuduh serangan dilakukan kelompok separatis Jaish al-Adl. Milisi ini biasanya melakukan operasi dari tempat persembunyian mereka di negara tetangga Pakistan. 

Pada 2019, Jaish al-Adl mengaku bertanggung jawab atas bom bunuh diri di sebuah bus yang menewaskan 27 anggota paramiliter Garda Revolusi Iran.

Jaish al-Adl tidak segera mengeklaim serangan baru tersebut.

Majid Mirahmadi, wakil menteri dalam negeri Iran mengatakan, dua pria bersenjata tewas dalam serangan itu dan satu orang ditangkap. Delapan petugas polisi terluka, katanya.

Mirahmadi mengaku serangan itu telah direncanakan, karena orang-orang bersenjata tersebut juga menyergap petugas untuk mencegah mereka membantu pihak keamanan saat baku tembak berlangsung.

Provinsi Sistan dan Baluchestan adalah salah satu daerah paling tertinggal di Iran. Masyarakat Baluch di provinsi tersebut telah lama mengeluh karena diperlakukan sebagai warga negara kelas dua oleh penguasa Syiah Iran.


(B1)

#Peristiwa #Iran #Internasional #Bakutembak