Breaking News

Anjuran Sering Baca Istighfar Membantu Atasi Komplikasi Kejiwaan

Ilustrasi berdoa 

Dirgantaraonline.co.id,-
Istighfar merupakan salah satu bentuk kepasrahan seorang muslim, sekaligus sebagai pengingat kepada Allah SWT ketika sedang terjadi sesuatu dalam diri, termasuk saat jiwa merasa tidak tenang.

Selain itu, istighfar dapat menyembuhkan komplikasi kejiwaan manusia. Dikutip dari buku pintar Sains dalam Al-Qur'an "Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah", karya Dr Nadiah Thayyarah, Allah SWT berfirman dalam Surah Ali Imran:

وَٱلَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا۟ فَٰحِشَةً أَوْ ظَلَمُوٓا۟ أَنفُسَهُمْ ذَكَرُوا۟ ٱللَّهَ فَٱسْتَغْفَرُوا۟ لِذُنُوبِهِمْ وَمَن يَغْفِرُ ٱلذُّنُوبَ إِلَّا ٱللَّهُ

Wallażīna iżā fa'alụ fāḥisyatan au ẓalamū anfusahum żakarullāha fastagfarụ liżunụbihim, wa may yagfiruż-żunụba illallāh


Artinya: “Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah?” (QS. Ali Imran: 135).

Selain itu Nabi Muhammad SAW mengatakan, jika seseorang membaca istighfar maka Allah akan memberinya jalan keluar dari kesempitan, serta kemudahan lainnya saat jiwa seorang muslim sedang dilanda kesakitan. Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa yang terbiasa beristighfar, maka Allah akan memberinya jalan keluar dari kesempitannya dan kelapangan dari kesedihannya, serta memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya.” (HR. Abu Dawud).

Sementara itu, para ahli jiwa mengatakan, orang-orang yang menderita komplikasi kejiwaan biasanya diakibatkan oleh tekanan batin akibat berbagai hal yang menjadikannya traumatik.

Oleh karenanya dalam ilmu psikologi modern sangat sesuai dengan hadist Nabi, yakni tentang istighfar dan faedahnya dalam menghilangkan tekanan jiwa manusia. Hal ini merupakan salah satu mukjizat nabawi di bidang ilmu kejiwaan.

Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani), Ustadz Ainul Yaqin mengatakan, adanya  komplikasi dalam kejiwaan ada kaitannya dengan persoalan keringnya keimanan dan lemahnya ketakwaan.

"Ini sumbernya adalah hati lemah yang merasa gelisah, kesedihan yang memuncak, putus asa, merasa tidak bisa menyelesaikan masalah dan putus asa dari rahmat Allah," terangnya, Jumat (15/12/2023).

Berikut ini doa agar seseorang yang komplikasi kejiwaan akan terasa lebih tenang, khususnya disertai dengan membaca istighfar.

اَللَّهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُو فَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ

Artinya; “Ya Allah, Aku mengharapkan (mendapat) rahmatMu, oleh karena itu, jangan Engkau biarkan diriku sekejap mata (tanpa pertolongan atau rahmat dariMu). Perbaikilah seluruh urusanku, tiada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau.”(HR. Abu Daud).


(Rini)

#Istighfar #KeutamaanMembacaIstighfar #Islami #Religi #gayahidup #lifestyle