Breaking News

PDIP Sebut Cawapres Ganjar Bisa Saja Seperti Maruf Amin

Ilustrasi 

D'On, Serang (Banten),-
PDI Perjuangan hingga kini belum mengumumkan nama calon wakil presiden untuk mendampingi Ganjar Pranowo pada pemilu 2024. Namun, partai yang dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri tersebut menyebut bahwa nama calon pendamping Ganjar bisa saja bukan berasal dari nama-nama yang beredar saat ini. Seperti yang terjadi saat nama KH Maruf Amin tiba-tiba muncul mendampingi Joko Widodo Jokowi pada pemilu 2019 lalu.

Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto. Menurutnya kejadian Maruf Amin bisa terjadi lagi pada pemilihan tahun depan.

"Secara empiris 2019 itu kan di luar persoalan elektoral tiba-tiba kan muncul KH Maruf Amin. Sebagai suatu kemungkinan, hal itu bisa terjadi," kata Hasto di Kantor DPD PDIP Banten, Kota Serang, Banten, Minggu (10/9/2023).

Dia menjelaskan bakal calon wakil presiden (bacawapres) Ganjar bisa saja merupakan nama baru. Bukan berasal dari lima nama calon yang telah dikerucutkan oleh petinggi partai.

Bisa saja, ada sosok lain yang tidak dilirik publik namun punya rekam jejak yang baik. Karena terdapat dinamika dalam politik dan musyawarah, selain terdapat kemungkinan ada nama yang terlewat dari survei yang muncul belakangan ini.

"Sudah lima dikerucutkan dan nama-nama sudah disampaikan oleh Mbak Puan. Nanun karena politik ini kan juga ada dinamikanya dan kemudian ada musyawarahnya, ada aspirasi yang tidak terbaca di dalam survei-survei, tetapi sebenarnya bisa muncul sosok yang dibutuhkan oleh bangsa ini. Sebab urusan pemimpin nasional itu selalu ada campur tangan Tuhan dan disuarakan rakyat, meski secara diam-diam. Kejadian ini sekali lagi dari Pilpres 2019 yang lalu juga dimungkinkan," jelasnya.

Namun Hasto juga belum memberikan informasi siapa yang bakal mendampingi Ganjar pada pemilu tahun depan. Masyarakat diminta menunggu hingga waktu pengumuman tersebut terjadi.

"Apakah 2024 ini akan terjadi hal yang sama kita tunggu tanggal mainnya," kata Hasto.

Hasto juga mengungkapkan kriteria sosok cawapres tersebut, yaitu harus membawa kesolidan dan memiliki visi serta misi yang sama, serta komitmen untuk mempercepat kemajuan Indonesia.

"Yang penting solid, kompak, kemudian memiliki visi-misi yang sama terhadap masa depan, tanggung jawab yang sama, komitmen juang yang sama, dan saling melengkapi," ungkapnya.


(hsy/cnbc)

#PDIP #Pilpres2024 #Pemilu2024 #nasional


No comments