Breaking News

4 Tips Intermittent Fasting Agar Tetap Lancar

Ilustrasi 

Dirgantaraonline.co.id,-
Membatasi waktu makan untuk meningkatkan kesehatan adalah cara aman yang paling banyak disukai, praktik ini sering disebut sebagai intermittent fasting atau dapat dikatakan sebagai metode diet.

Perlu diketahui bahwa apa yang dimakan sama pentingnya dengan kapan mengonsuminya untuk mengikuti metode ini. Memilih makanan sehat dan kaya nutrisi akan memberikan keuntungan dari mengikuti diet ini.

Secara alami, tubuh akan beradaptasi dengan pola makan yang sesuai dengan perkembangan evolusi manusia, terutama ketika mengutamakan makanan hewani secara utuh.

Berikut ini adalah beberapa tips intermittent fasting agar tetap lancar yang dilansir dari Pinkvilla Kamis (3/8/2023).

1. Menambahkan Beberapa Lemak Baik
Tambahkan beberapa lemak baik untuk meningkatkan asupan kalori selama intermittent fasting. Menambahkan 1-4 sendok teh lemak sehat dapat memberikan tubuh lebih berenergi di malam hari.

Dengan hal ini, kualitas tidur juga dapat meningkat. Lemak mengandung lebih banyak kalori daripada karbohidrat dan protein sehingga menambahkannya dalam jumlah sedikit dapat memberikan dampak kalori yang signifikan.

Lemak sehat berupa minyak kelapa mengandung campuran asam lemak rantai sedang yang diketahui dapat membakar lemak sebagai sumber energi selama berpuasa.

Ataupun beberapa pilihan lemak sehat lainnya, seperti cocoa butter, ghee, mentega, keju, yogurt susu utuh, alpukat, dan minyak alpukat. Dengan menambahkan lemak baik dalam porsi makan, dapat dipastikan tubuh tetap mendapatkan nutrisi yang diperlukan selama puasa.

2. Membuat Jadwal Makan

Junk food seringkali menjadi godaan selama puasa, hal ini wajar karena makanan olahan dengan tinggi lemak dan manis dapat memberikan sensasi nikmat. Namun, dengan mengatur jadwal makan terlebih dahulu akan lebih terkontrol dalam membuat keputusan saat berada di kondisi gula darah rendah.

Gula darah yang rendah dapat membuat sulit mengambil keputusan, sehingga kita lebih cenderung memilih makanan yang nyaman dan membuat ketagihan. Hal ini bisa menyebabkan kecanduan terhadap karbohidrat, yang sebenarnya dapat dihindari dengan mudah apabila telah membuat jadwal makan.

3. Mempersiapkan Makanan

Mempersiapkan makanan sebelumnya menjadi salah satu kunci kesuksesan jangka panjang dalam menjalani intermittent fasting.

Dengan merencanakan makanan, dapat menghindari kebingungan dalam memilih makanan. Hal ini dapat memicu berakhirnya memilih makanan yang tidak sehat.

Luangkan waktu untuk mempersiapkan bahan makanan, seperti memotong sayuran dan keju agar selalu siap dengan persediaan makan teratur selama intermittent fasting.

4. Tetap Terhidrasi

Banyak orang yang seringkali bingung antara tidak makan dan tidak minum. Meskipun puasa membatasi kalori, tetapi dalam puasa ini tetap diperbolehkan untuk mengonsumsi banyak cairan yang tidak mengandung kalori. Minuman seperti kopi hitam, teh herbal, dan air putih cocok dikonsumsi saat menjalani intermittent fasting.

(Rini)

#IntermittentFasting #ManfaatDiet #Diet #gayahidup #lifestyle #global #tips


No comments