Breaking News

Jaga Kualitas Batang Arau, Kubus Apung Dipasang


D'On, Padang (Sumbar),-
Meningkatkan kebersihan sungai, Pemerintah Kota (Pemko) Padang lakukan peletakan batu pertama pemasangan kubus apung di Sungai Batang Arau, Rabu (15/3/2023).

Pemasangan kubus ini dilakukan di depan Masjid Darussalam Pemancungan, antara Kelurahan Seberang Palinggam dengan Kelurahan Pasa Gadang, Kecamatan Padang Selatan.

Dalam peletakan batu pertama itu, Wali Kota Padang Hendri Septa, menyampaikan manfaat program pemasangan batu pertama untuk kubus apung tersebut.

“Tentunya peletakan batu pertama dilakukan dalam upaya menahan kubus apung. Untuk kubus apung sendiri memiliki dampak yang luar biasa terhadap mengurangi debit sampah yang menuju ke muara,” jelas Hendri Septa.

Proses dari pengerjaan kubus apung di Sungai Batang Arau ini akan dilakukan selama satu bulan lamanya. 

“Seperti yang kita ketahui bersama, jika sampah tersimpan di lautan misalnya. Saat air naik, lautan akan mengeluarkan sampahnya ke pinggiran. Sampah tersebutlah yang kemudian menyebabkan bau di sepanjang aliran laut,” beber Hendri Septa. 

Untuk meminimalisir, selain dari pemasangan kubus juga perlu komitmen dari lima stakeholder (lurah dan camat), serta masyarakat di masing-masing kecamatan yang dilalui oleh Sungai Batang Arau dalam menjaga kebersihan.

“Ada lima kecamatan yang dilalui oleh Sungai Batang Arau yakni, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kecamatan Lubuk Begalung, Kecamatan Padang Timur, Kecamatan Padang Selatan, dan Kecamatan Padang Barat,” tambahnya.

Dengan kerja sama yang dijalin, tentunya akan berdampak baik terhadap kualitas air Sungai Batang Arau. Sehingganya kemudian, Kota Padang ini kembali bersih sesuai yang diharapkan.

“Andai saja kita melihat kebersihan air semakin membaik di sungai kita ini. Anak-anak kita dapat menikmati Sungai Batang Arau dengan senang,” tutupnya.

Dari pantauan Diskominfo Padang, nampak hadir Sekretaris Daerah Kota Padang (Sekdako) Andree Algamar, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang Mairizon, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Padang Tri Hadiyanto, Kapolsek Padang Selatan Nanang Irawadi, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Tarmizi Ismail, lurah dan camat, serta komunitas peduli sungai. 

(WE/HF/Charlie)


#BatangArau #Sungai #Padang