Breaking News

Kejagung Duga Adik Johnny G Plate Dapat Fasilitas BAKTI Kominfo karena Kakaknya


D'On, Jakarta,-
Adik Menkominfo Johnny G Plate, Gregorius Alex Plate (GAP) diketahui mendapatkan fasilitas dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo. Kejaksaan Agung atau Kejagung menduga, fasilitas tersebut diperoleh berkat keberadaan Johnny.

Direktur Penyidikan Jampidsus Kejagung, Kuntadi menyampaikan, pihaknya masih mendalami peran dari adik Johnny itu. Hanya saja, dia menegaskan kalau fasilitas yang diperoleh GAP tidak terkait sama sekali dengan pekerjaannya.

"Terkait dengan posisi adiknya, sesuai keterangan masih kita dalami. Yang jelas tidak ada sangkut pautnya sama sekali dengan pekerjaan yang bersangkutan, yang saya maksud adiknya," kata Kuntadi saat jumpa pers di Gedung Kejagung, Jakarta, Rabu (15/3/2023).

"Artinya besar kemungkinan ada kaitannya dengan jabatan saksi (Johnny G Plate) yang kita periksa hari ini," ungkap Kuntadi menambahkan.

GAP diketahui telah mengembalikan Rp 534 juta terkait kasus korupsi engadaan infrastruktur base transceiver station (BTS) Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo. Kejagung menyebutkan kalau uang yang dikembalikan itu berasal dari Bakti Kominfo.

Sementara itu, Johnny diketahui telah menjalani pemeriksaan sebagai saksi untuk kasus yang sama di Kejagung. Kuntadi menerangkan, dalam pemeriksaan kali ini Johnny dicecar 26 pertanyaan oleh pihaknya. Dia menyebutkan kalau Johnny mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan baik.

"Dari hasil pemeriksaan, kami anggap cukup dan selanjutnya kami akan melakukan gelar perkara dalam waktu secepat-cepatnya untuk menentukan sikap," ujar Kuntadi.

Sementara itu, Johnny menegaskan diperiksa Kejagung dalam kapasitasnya sebagai saksi. Johnny menyampaikan, sebagai menteri serta warga negara yang baik, punya kewajiban memenuhi panggilan pemeriksaan Kejagung. Hal itu dia yakini demi mendukung penyelenggaraan hukum.

"Saya telah memberikan keterangan atas pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan Kejaksaan Agung dari pagi hingga siang hari ini. Keterangan-keterangan yang diberikan adalah keterangan yang saya tahu, pahami, dan yang menurut saya benar sebagai saksi," kata Johnny di lokasi yang sama.

(*)

#Kejagung #JohnnyGPlate #nasional