Breaking News

Walikota Solok Positif Covid-19, Indera Penciuman Mulai Melemah


D'On, Solok (Sumbar),- Wali Kota Solok Zul Elfian dinyatakan positif virus corona atau Covid-19. Kabar tersebut disampampaikan Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok Dessy Syafril, terkait hasil pemeriksaan laboratorium Rumah Sakit Umum Daerah M. Natsir.

"Setelah pagi tadi kita mendapat kabar penambahan tiga kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dan kesembuhan 10 orang pasien terkonfirmasi. Menjelang magrib tadi kami juga mendapat kabar bahwa bapak Wako (Wali Kota) juga terkonfirmasi positif Covid-19 hari ini," kata Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Solok, Nurzal Gustim, dalam keterangan tertulis, Kamis (27/8/2020).

“Terkait itu, dapat sedikit kami sampaikan kronologis hingga beliau dinyatakan terkonfirmasi. Wali Kota Solok yang hari ini mengeluhkan kemampuan indra penciuman menurun dan setelah dirontgen hasilnya tidak tampak kelainan namun hasil Tes Cepat Molekular (TCM) nya dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19,” tambahnya.

Kondisi sang wali kota saat ini dalam keadaan baik, sesuai prosedur dan atas izin pihak RSUD, Zul Elfian menjalani isolasi di rumah yang didampingi langsung putranya dokter Muhammad Alghifari yang selama ini juga bergabung dalam tim dokter covid Posko Banda Panduang. “Beliau juga menginstruksikan untuk menyampaikan informasi ini kepada masyarakat, sekaligus meminta doa dari masyarakat agar diberi kesabaran, kekuatan dan kesembuhan,” ucapnya.

Sore tadi tim surveilans kota telah melakukan tracing dan tracking guna menelusuri seluruh kontak erat dan direncanakan besok analis swab akan melakukan swab test. “Kita sama-sama berdoa semoga hasilnya negatif,” katanya.

Pemkot Solok juga mohon doa bersama untuk kesembuhan wali kota sehingga dapat kembali bersama dalam menjalankan tugas sebagai Kepala Daerah dan tentunya sebagai Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Solok yang sangat dibutuhkan dalam upaya mengendalikan operasi dalam penanganan covid.

“Di samping itu, kami tidak bosan-bosannya mengingatkan kepada seluruh masyarakat Kota Solok untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari hari, memakai masker, menghindari kerumunan, sering cuci tangan, pulang kerumah dari manapun ganti pakaian dan langsung mandi,” jelasnya.

(mond/aky)