Beda Adegan Para Tersangka Saat Rekonstruksi Pembunuhan Brigadir J Akan Diuji di Persidangan

D'On, Jakarta,-  Rekontruksi pembunuhan Brigadir J menghadirkan seluruh tersangka. Kelima tersangka meliputi,  Irjen Ferdy Sambo, istrinya Putri Candrawathi, Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E, Bripka Ricky Rizal atau Bripka RR, dan asisten rumah tangga Ferdy Sambo, Kuwat Maruf.


Dalam reka ulang yang disiarkan langsung itu,  terlihat beberapa adegan yang dimainkan pemeran pengganti. 

Ternyata ada beberapa adegan  berbeda yang diperagakan tersangka. Ini karena masing-masing tersangka memiliki pendapat sendiri-sendiri untuk mereka ulang peristiwa yang dialaminya. 

Perbedaan pendapat mengenai adegan itu khususnya datang dari mantan Kadiv Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo, tersangka utama pembunuhan Brigadir J.

"Dalam konfrontir mereka memang ada pihak yang menolak terutama dari pihak FS (Ferdy Sambo), dia nolak," kata Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri, Brigjen Pol Andi Rian Djajadi.

Namun perbedaan itu tak menghambat proses rekonstruksi. Penyidik sudah menyiapkan pemeran pengganti untuk beberapa adegan yang ditolak tersangka. 

"Kalau dia nolak berarti kan kita pakai pemeran pengganti dong. Karena menurut RE (tersangka Ricki Rijal) dia di kiri, tapi menurut FS dia di kanan. Kalau mereka tidak sepakat ya berarti kita harus nunjuk pemeran pengganti," ujarnya.

Meski hadir saat rekonstruksi, Bharada E tidak memeragakan semua adegan. Saat berhadapan dengan Ferdy Sambo, adegannya diperagakan peran pengganti dengan pertimbangan khusus. 

Adanya perbedaan adegan dari para tersangka tidak jadi soal. Menurut Andi, semua keterangan yang berseberangan itu akan  diuji pada persidangan nanti. 

Rekonstruksi berlangsung selama 7 jam lebih. Para tersangka dalam rekonstruksi itu memperagakan 78 adegan yang meliputi tiga lokasi. Sebanyak 16 di antaranya merupakan adegan peristiwa yang terjadi di Magelang, Jawa Tengah.

Sedangkan, 35 lainnya meliputi adegan peristiwa sebelum dan setelah pembunuhan Brigadir J di rumah pribadi Ferdy Sambo. Kemudian, 27 adegan lainnya memperagakan detik-detik peristiwa pembunuhan Brigadir J di rumah dinas Ferdy Sambo Kompleks Polri Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan.


(*)

#RekonstruksiPembunuhanBrigadirJ #FerdySambo #BareskrimPolri #BharadaE #Viral

Powered by Blogger.