Breaking News

Di Forum U20 Mayors Summit, Wako Padang Usulkan Pemanfaatan Energi Non Fosil

D'On, Jakarta,- Wali Kota Padang Hendri Septa turut hadir sebagai undangan dalam Forum Urban 20 (U20) Mayors Summit di Jakarta, Selasa (30/8/2022). Dalam forum tersebut, Hendri Septa mengusulkan pemanfaatan energi non fosil.


“Saat ini kita masih mengandalkan energi fosil untuk memenuhi kebutuhan energi yang justru semakin menipis cadangannya, sedangkan kita memiliki sumber daya energi alternatif non fosil yang besar, namun pemanfaatannya masih minim,” sebut Hendri Septa dalam tanya jawab dan diskusi dalam Forum U20 Majors Summit di Fairmount Hotel, Senayan, Jakarta.

Dikatakan Hendri Septa, salah satu yang menjadi usulannya dalam pemanfaatan energi non fosil yakni pemanfaatan teknologi gelombang laut. Nantinya, energi angin akan dapat menggerakkan dan menjadi sumber energi berkelanjutan.

“Energi angin akan menggerakkan listrik, dan lainnya. Tentunya ini akan menjadi sumber energi baru di saat cadangan batu bara dan lainnya makin menipis,” kata Hendri Septa.

Wako Hendri Septa menuturkan, Indonesia merupakan daerah maritim. Energi dari angin laut akan sangat membantu daerah yang berada di pesisir pantai, seperti Kota Padang, dan lainnya.

Tidak itu saja. Wali Kota Hendri Septa juga mengusulkan dan tengah memproses kerjasama dengan PT Semen Padang dan Kementerian Lingkungan Hidup terkait Refuse Derived Fuel (RDF). Kerjasama ini dilakukan dalam rangka pengurangan sampah di Padang yang mencapai 600 ton lebih dalam sehari.  

Sisi lain, Hendri Septa juga sempat berbagi pengalaman Pemko Padang dalam mengatasi pandemi Covid-19. Termasuk cara Pemko Padang dalam mengajak warga melakukan vaksinasi Covid-19.

“Kita juga telah menggunakan transportasi massal sebagai moda transportasi bagi warga. Padang punya ‘Trans Padang’ yang menggantikan keberadaan angkutan kota, artinya kita sudah ‘on the track’,”sebut Hendri Septa.

Tidak saja Wali Kota Padang yang mengajukan usulan dalam Forum U-20 Mayors Summit. Sebanyak 12 wali kota lainnya juga ikut menyumbangkan saran. Nantinya, segala usulan tersebut akan disampaikan kepada Presiden RI sebagai saran kebijakan. Untuk kemudian menjadi rekomendasi kebijakan dunia.

Dalam U20 yang diikuti Wali Kota Padang Hendri Septa, turut hadir mendampingi Plt Kadis Kominfo Al Amin, Kepala Bagian Kerjasama Erwin, serta Kepala Bagian PBJ Novalino. 

Diketahui, U20 merupakan bagian dari rangkaian Presidensi G20 Indonesia 2022. U20 Mayors Summit merupakan puncak dari forum kepemimpinan Jakarta pada U20 tahun ini. Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ini akan memberi kesempatan bagi para pemimpin kota U20 untuk berkumpul, memperkuat kolaborasi dan menyampaikan rekomendasi kepada pemerintah Indonesia pada G20 Leaders Summit yang akan berlangsung di Bali pada 15-16 November 2022.

U20 Mayors Summit dihadiri 12 delegasi kota yakni Los Angeles (Wali Kota), Rotterdam (Wali Kota), Tokyo (Gubernur), Tshwane (Wali Kota), Mumbai (Komisaris dan Administrasi Kota, BMC), Sydney (Wakil Wali Kota), Berlin (Sekretaris Tetap Kewarganegaraan Aktif, Dukungan Demokrasi dan Hubungan Internasional), São Paulo (Wakil Sekretaris Hubungan Internasional), Madrid (Wakil Direktur Hubungan Internasional), Moskow (Wakil Kepala Departemen Ekonomi Eksternal dan Hubungan Internasional), Buenos Aires (Manajer Hubungan Internasional), Istanbul (Kepala Hubungan Luar Negeri Departemen IMM). Selain itu, ada 10 delegasi kota yang hadir secara virtual yakni Amsterdam (Sherpa), Istanbul (Walikota), Izmir (Sherpa), Johannesburg (Sherpa), Lisboa (Walikota), Milan (Walikota), Moskow (Sherpa), Kota New York (Komisaris untuk Kebijakan dan Inisiatif Strategis), Osaka (Sherpa) Roma (Walikota).

Sementara untuk kota pengamat (observer) akan dihadiri 15 delegasi yang hadir secara fisik yaitu Lima (Wakil Walikota), Quito (Dewan Kota Quito), Jawa Barat (Walikota), Banjarmasin (Walikota), Balikpapan (Walikota), Makassar (Walikota), Medan (Walikota), Padang (Walikota), Palembang (Walikota), Palu (Walikota), Surakarta (Walikota), Ambon (Pj Walikota), Yogyakarta (Pj Walikota), Surabaya (Wakil Walikota), Jambi (Kepala Dinas Pariwisata dan Kreatif). Ada juga dua delegasi kota pengamat yang hadir secara virtual yaitu Glasgow (Pemimpin Dewan Kota) dan Skopje (Walikota).

(Charlie Ch. Legi)



#MayorsSummit #HendriSepta