Selain Kemah, Jokowi Bakal Ritual 'Kendi' di Titik Nol IKN Nusantara

D'On, Jakarta,- Presiden Joko "Jokowi" Widodo dijadwalkan bakal berkemah di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, Senin, 14 Maret 2022. Ia berencana menginap selama satu malam di sana. 


Gubernur Kaltim, Isran Noor, mengatakan sarana dan prasarana seperti jaringan listrik, tenda maupun telekomunikasi yang akan digunakan presiden untuk menginap, sudah siap.

"Alhamdulillah, sudah dikerjakan dan pada hari H nanti sudah 100 persen. Tenda kemah sudah dapat digunakan oleh presiden dan rombongan. Ini semua berkat kerja sama dari Sekretariat Negara dan pihak-pihak terkait seperti Pangdam VI Mulawarman dan Kapolda Kaltim," ungkap Isran dan dikutip dari kantor berita ANTARA, Sabtu (12/3/2022). 

Sementara, menurut Kepala Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim, Syafranuddin, kegiatan kemah itu akan ikut dihadiri 33 gubernur se-Indonesia. "Tapi hanya lima gubernur yang ikut menginap bersama presiden, berkemah di lokasi titik nol IKN Nusantara," ujar Syafranuddin dalam keterangan tertulis hari ini. 

Kelima gubernur yang akan menginap bersama presiden di titik nol IKN Nusantara tersebut, yakni Gubernur Kaltim, Gubernur Kalimantan Barat, Gubernur Kalimantan Selatan, Gubernur Kalimantan Tengah, dan Gubernur Kalimantan Utara. Lalu, apa saja yang akan dilakukan Jokowi selama berkemah selama satu malam di sana?

1. Para gubernur se-Indonesia wajib memakai pakaian adat dan membawa air satu liter

Menurut Isran, setiap gubernur yang hadir di titik nol IKN Nusantara diwajibkan mengenakan pakaian adat dari daerahnya masing-masing. Ia juga menyebut Presiden Jokowi akan melakukan syukuran dan ritual adat istiadat untuk menyambut pembangunan IKN Nusantara. 

"Nanti, ada ritual di mana masing-masing gubernur membawa satu liter air dari daerah masing-masing. Air tersebut nantinya akan dimasukan ke dalam satu wadah yang sudah disiapkan oleh panitia," ungkap Isran. 

Sedangkan, Syafranuddin menambahkan, air dari 34 provinsi itu akan disatukan di dalam Kendi Nusantara. Lalu, kendi itu disimpan di titik nol IKN Nusantara. 

2. Gubernur Kaltim akan membawa air dari dua wilayah

Sementara, Gubernur Kaltim, Isran Noor, rencananya akan membawa tanah dan air dari dua daerah yakni Kabupaten Kutai Kertanegara dan Kabupaten Paser. Sebab, lokasi IKN Nusantara sebagian terletak di wilayah Kesultanan Kutai Kartanegara dan sebagian Kesultanan Paser. Air serta tanah tersebut, kata Syafranuddin, merupakan simbol yang mewakili Kesultanan di Provinsi Kaltim.

"Kegiatan ritual serta kemah Presiden itu Senin, 14 Maret 2022. Presiden Jokowi dijadwalkan tiba di Balikpapan Minggu, 13 Maret 2022 atau satu hari sebelum kegiatan, dan menginap di Balikpapan dulu," ungkap Syafranuddin.

Sejumlah fasilitas, sarana dan prasarana seperti fasilitas MCK, jaringan telekomunikasi, listrik hingga air, sudah disiapkan bagi presiden dan rombongannya. "Tenda serta perlengkapan yang akan dipergunakan presiden menginap juga dipersiapkan. Pada hari pelaksanaan sudah 100 persen dan dapat gunakan oleh presiden dan rombongan," tutur Syafranuddin. 

3. Presiden Jokowi menargetkan ibu kota pindah ke Kaltim pada 2024

Sementara, meski menuai kritik dari banyak pihak, tetapi Jokowi berkukuh bakal memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Kaltim sebelum 16 Agustus 2024. Sebab, ia ingin melakukan upacara HUT ke-79 RI di Istana Negara yang baru. 

"Presiden merencanakan untuk pindah sebelum 16 Agustus 2024. Tapi, kita masih melihat dulu kondisinya seperti apa,” ujar Plt Direktur Regional II Bappenas Mohammad Roudo ketika berbicara dalam diskusi soal IKN yang disiarkan langsung di kanal YouTube FMB9ID_KIP,  2 Februari 2022.

Roudo menyampaikan keinginan Presiden Jokowi tersebut menjadi tantangan tersendiri. Sebab, artinya dalam waktu dua tahun ke depan harus ada pembangunan besar yang dilakukan.

"Karena ini salah satu yang monumental, tantangan juga. Dalam dua tahun harus membangun kawasan yang cukup besar. Tadi 6.600 untuk kawasan inti dan 56 ribu untuk kawasan perkotaannya. Jadi, tantangannya cukup besar,” katanya. 

Roudo mengatakan saat ini pemerintah tengah menggodok mekanisme pemindahan IKN. Untuk tahap awal, pemerintah akan fokus pada infrastruktur.

"Dari masterplan, untuk pemindahan tahap awal 2022-2024, infrastruktur dasar yang dibangun seperti air, energi, untuk penduduk-penduduk yang awal. Sarana utama yakni Istana Presiden, perkantoran,” tutur dia. 

(IDN)

#IKN #Jokowi #Kemah #IbukotaNegaraBaru


Powered by Blogger.