Breaking News

Kapolda Sumbar Sebut Operasi Lilin Singgalang 2021 Setara PPKM Level 3

D'On, Padang (Sumbar),- Polda Sumatera Barat (Sumbar) melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Lilin Singgalang 2021. Apel tersebut dalam rangka pengamanan Natal dan tahun baru (Nataru).


Kapolda Sumbar, Irjen Pol Teddy Minahasa mengatakan, fokus pengamanan kali ini tentunya di bidang keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

"Secara khusus, kemungkinan ada upaya yang mengganggu perayaan Natal bagi saudara kita yang beragama kristiani," katanya, Kamis (23/12/2021).

Kemudian dalam konteks tahun baru, kata dia, akan melakukan pencegahan terjadi kemacetan dan kecelakaan maupun pelanggaran protokol kesehatan (Prokes).

"Misalnya tempat usaha yang membuka peluang terjadi kerumunan. Ini ketentuan dari Mendagri. Mungkin kita setarakan dengan level 3 PPKM," tuturnya.

Kalau alau soal pelaksanaannya, Teddy tentu mengembalikan kepada kebijakan masing-masing kepala daerah. Namun (Polda) tetap dilakukan pemantauan.

"Untuk situasi nantinya tetap kita lakukan pemantauan secara ekskalatif berupa antisipasi. Tetapi jika antisipasi itu jebol, maka dilakukan tahap berikutnya. Mungkin akan dilakukan pembatasan-pembatasan," ucapnya.

Sementara untuk objek wisata, Teddy juga memastikan akan dilakukan pengawasan seperti tahun-sebelumnya dengan mengerahkan personel melakukan patroli.

"Pasti, pengawasan secara egulatif maupun operasionalnya akan di pantau menjelang maupun sesudah perayaan tahun baru nantinya," tutupnya.


(Suara)