Breaking News

Satpol PP Padang Tangkap Lima Remaja SMP yang Diduga Hendak Tawuran, Senjata Tajam Disita

Pol PP Padang Amankan 5 Pelajaran yang Mau Tawuran

D'On, Padang (Sumbar),-
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang menangkap lima remaja SMP yang diduga hendak terlibat tawuran. Penangkapan berlangsung di kawasan Jalan Tunggang, Kecamatan Kuranji, pada Jumat (7/6/2024) pagi. 

Menurut Kepala Satpol PP Kota Padang, Chandra Eka Putra, S.IP, M.Si., kelima remaja tersebut diamankan bersama sejumlah senjata tajam. "Selain menangkap para remaja, kami juga menyita senjata tajam jenis kelewang," ungkap Chandra.

Operasi Penertiban dan Penyitaan Barang Bukti

Dalam operasi yang dilakukan, Satpol PP berhasil menemukan senjata tajam yang diduga akan digunakan dalam tawuran. Kelewang tersebut ditemukan di sekitar lokasi penangkapan dan diduga kuat milik salah satu dari remaja yang diamankan. Penertiban ini merupakan bagian dari upaya Satpol PP Kota Padang untuk mengantisipasi aksi kekerasan dan tawuran di kalangan pelajar.

Proses Hukum dan Pendataan

Chandra menambahkan bahwa para remaja beserta barang bukti akan diserahkan kepada Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Satpol PP untuk dilakukan pendataan dan proses lebih lanjut. "Kami akan menyerahkan mereka beserta barang bukti kepada PPNS untuk pendataan dan proses hukum yang diperlukan," ujar Chandra.

Kewajiban Orang Tua

Untuk memastikan para remaja mendapatkan pengawasan lebih ketat, Satpol PP Kota Padang menetapkan bahwa mereka hanya akan dipulangkan jika dijemput oleh orang tua atau keluarga. "Jika mereka hendak dipulangkan, orang tua atau pihak keluarga harus menjemput ke Mako Satpol PP dan membuat surat pernyataan," tegas Chandra.

Reaksi Masyarakat dan Langkah Selanjutnya

Penangkapan ini mendapat perhatian luas dari masyarakat, terutama dari kalangan orang tua yang khawatir dengan meningkatnya kasus tawuran di kalangan remaja. Satpol PP Kota Padang berkomitmen untuk terus melakukan patroli dan pengawasan di titik-titik rawan guna mencegah terjadinya aksi tawuran di masa mendatang.

Satpol PP juga mengimbau kepada masyarakat untuk melaporkan segala bentuk aktivitas mencurigakan yang melibatkan senjata tajam atau indikasi tawuran. Langkah ini diharapkan dapat menekan angka kekerasan di kalangan pelajar dan menciptakan lingkungan yang lebih aman di Kota Padang. 

Pentingnya Peran Sekolah dan Keluarga

Dalam menghadapi fenomena ini, Chandra menekankan pentingnya peran sekolah dan keluarga dalam memberikan pendidikan serta pengawasan kepada para remaja. "Peran sekolah dan keluarga sangat krusial dalam memberikan bimbingan dan mengawasi aktivitas anak-anak mereka agar tidak terlibat dalam kegiatan yang membahayakan," tutupnya.

Kasus ini menjadi pengingat penting bagi semua pihak untuk lebih peduli terhadap pergaulan dan aktivitas anak-anak muda. Satpol PP Kota Padang bersama masyarakat bertekad untuk terus menjaga keamanan dan ketertiban di kota ini, terutama dalam upaya pencegahan tindakan kekerasan di kalangan pelajar.

(Mond)

#PolPP #Tawuran #Pendidikan #Padang

No comments