Breaking News

Satpol PP Kota Padang Amankan Empat Wanita dalam Patroli Dini Hari

4 Wanita Diamankan Pol PP Padang saat Patroli pada Jumat Rini Hari

D'On, Padang (Sumbar),-
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang menggelar patroli pengawasan intensif di Kawasan Jembatan Sitinurbaya dan sepanjang Jalan Khatib Sulaiman pada dini hari, Jumat, (7/6/24). Patroli ini bertujuan untuk menegakkan ketertiban umum dan keamanan masyarakat di wilayah tersebut.

Dalam operasi ini, petugas Satpol PP mengamankan empat wanita yang kedapatan nongkrong hingga larut malam. Tiga di antaranya ditemukan di kawasan Khatib Sulaiman, sementara satu orang lagi di kawasan Jembatan Sitinurbaya. 

Kepala Satpol PP Kota Padang, Chandra Eka Putra, menjelaskan bahwa keempat wanita ini diamankan karena tidak hanya melanggar ketertiban dengan nongkrong hingga dini hari, tetapi juga tidak membawa Kartu Identitas yang diperlukan. "Para wanita ini tidak memiliki Kartu Identitas saat diperiksa, yang menimbulkan kecurigaan lebih lanjut terkait aktivitas mereka di malam hari," ungkap Chandra.

Chandra menjelaskan, patroli ini merupakan bagian dari upaya preventif Satpol PP untuk menjaga ketertiban di kawasan-kawasan yang rawan pelanggaran. Penertiban tersebut dilakukan untuk menghindari aktivitas yang dapat mengganggu kenyamanan masyarakat dan merusak citra serta masa depan individu yang terlibat.

Proses Pendataan dan Pembinaan

Setelah diamankan, keempat wanita tersebut dibawa ke Markas Komando Satpol PP Kota Padang untuk dilakukan pendataan. Dalam proses ini, petugas melakukan wawancara dan pencatatan identitas sebagai langkah awal pembinaan. 

Chandra menegaskan bahwa tindakan ini bukan hanya untuk menegakkan aturan, tetapi juga memberikan edukasi kepada mereka yang terjaring dalam patroli. "Kami memberikan nasehat dan edukasi agar mereka memahami konsekuensi dari tindakan mereka. Harapannya, ini dapat menjadi pelajaran berharga dan mencegah mereka dari perbuatan serupa di masa depan," kata Chandra.

Pembinaan dan Penjemputan oleh Keluarga

Sebagai bagian dari proses pembinaan, pihak Satpol PP meminta keluarga dari keempat wanita tersebut untuk datang menjemput mereka. Kehadiran keluarga diharapkan bisa memberikan jaminan bahwa mereka akan mendapatkan bimbingan dan pengawasan lebih lanjut di lingkungan rumah. “Dengan melibatkan keluarga, kami berharap ada kontrol sosial yang lebih kuat dan dukungan moral agar mereka tidak mengulangi kesalahan yang sama,” tambah Chandra.

Chandra menutup pernyataannya dengan harapan bahwa langkah-langkah ini akan memperkuat kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga ketertiban umum dan menjauhkan diri dari perilaku yang merugikan diri sendiri maupun lingkungan sekitar. “Kami berharap masyarakat bisa lebih proaktif dalam menjaga ketertiban dan turut serta dalam upaya menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi semua,” tutup Chandra.

Operasi seperti ini akan terus dilakukan secara berkala sebagai bagian dari komitmen Satpol PP untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban di Kota Padang, dengan melibatkan kerjasama dari berbagai elemen masyarakat.

(Mond)

#PolPP #Padang

No comments