Breaking News

Sampah Menumpuk di Pantai Padang, DLH Bertindak Cepat untuk Pembersihan

Petugas DLH Bersihkan Pantai Padang 

D'On, Padang (Sumbar),-
Kondisi Pantai Padang yang kotor akibat menumpuknya sampah segera mendapat perhatian serius dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang. Pada hari Senin (3/6/2024), personil DLH dikerahkan untuk membersihkan sampah yang tersebar di sepanjang area Pantai Padang.

Menurut Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Kebersihan DLH Kota Padang, Syafrizal Syair, upaya ini dilakukan untuk menjaga kebersihan Pantai Padang, terutama mengingat kondisi sampah yang semakin menumpuk akibat cuaca buruk beberapa hari terakhir.

“Kami melihat sampah mulai menumpuk karena hujan deras, sehingga kami segera menurunkan petugas kebersihan untuk gotong royong membersihkan pantai,” ujar Syafrizal.

Penanganan Sampah yang Efektif dan Responsif

DLH Kota Padang secara rutin melakukan pembersihan pada titik-titik yang rawan tumpukan sampah, termasuk Pantai Padang. Meski tidak memiliki jadwal tetap untuk pembersihan pantai, tim kebersihan DLH siap turun ke lapangan begitu tumpukan sampah terlihat signifikan.

“Kami tidak memiliki jadwal tetap untuk gotong royong di Pantai Padang, namun ketika sampah mulai banyak, kami segera bertindak seperti yang dilakukan pagi ini,” jelas Syafrizal.

Pantai Padang: Wajah Pariwisata Kota Bengkuang

Pantai Padang, atau yang juga dikenal sebagai Muaro Pantai Padang, merupakan salah satu destinasi wisata unggulan yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Kebersihan pantai ini sangat penting untuk memberikan kesan positif bagi pengunjung, sehingga mereka tertarik untuk kembali berkunjung.

Syafrizal menjelaskan bahwa penumpukan sampah di Pantai Padang disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk kebiasaan masyarakat membuang sampah ke sungai atau selokan. Sampah tersebut kemudian terbawa ke laut dan terdampar di pantai akibat ombak.

“Sampah yang dibuang ke sungai dan selokan terbawa ke laut, terutama setelah hujan deras. Sampah ini kemudian terdorong ombak ke pantai,” ungkapnya.

Pentingnya Kesadaran Masyarakat

Untuk menjaga kebersihan Pantai Padang, dibutuhkan kesadaran masyarakat dalam hal membuang sampah pada tempatnya. Tidak hanya warga yang tinggal di pinggir pantai, tetapi juga masyarakat yang tinggal di sekitar sungai Banda Bakali harus terlibat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Kebiasaan membuang sampah di tempatnya harus dibudayakan. Ini penting agar pantai di Kota Padang selalu bersih dan memberikan kenyamanan bagi wisatawan,” tutup Syafrizal.

Menuju Pantai yang Bersih dan Menarik

Langkah cepat DLH Kota Padang dalam menangani masalah sampah ini menunjukkan komitmen mereka dalam menjaga kebersihan dan keindahan Pantai Padang. Diharapkan, dengan partisipasi aktif masyarakat, Pantai Padang dapat terus menjadi destinasi wisata yang menarik dan nyaman untuk dikunjungi.

(Taufik/Charlie)

#PantaiPadang #Sampah #DLH #Padang

No comments