Breaking News

PLN UID Sumbar Berikan Diskon Listrik 10 Persen Bagi Pelanggan yang Terdampak Blackout

PT PLN (Persero) mempercepat pembangunan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Pangkalan Bun-Sukamara.

D'On, Padang (Sumbar),-
PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat (Sumbar) memastikan akan memberikan diskon tarif listrik hingga 10 persen bagi pelanggan yang terdampak pemadaman listrik total atau blackout. Pemadaman listrik ini melanda wilayah Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu sejak 4 Juni 2024.

General Manager PLN UID Sumbar, Eric Rossi Priyo Nugroho, mengungkapkan bahwa kompensasi diberikan kepada pelanggan yang mengalami pemadaman listrik selama lebih dari delapan jam. "Kompensasi diberikan saat listrik padam selama delapan jam. Jadi, kalau padamnya lebih dari delapan jam kita berikan kompensasi potongan 10 persen," ujar Eric dalam pernyataannya, Kamis (6/6/2024).

Upaya Pemulihan dan Kompensasi

Eric berharap dengan adanya kompensasi ini, masyarakat, khususnya pelanggan PLN, dapat terbantu dan memahami kondisi yang terjadi. Ia memperkirakan bahwa listrik di wilayah Provinsi Sumbar akan mulai pulih sepenuhnya pada Rabu siang.

Jika masih diperlukan pemadaman dalam proses pemulihan jaringan, PLN berjanji tidak akan memadamkan listrik pada pelanggan yang sudah terdampak lebih dari delapan jam. "PLN memiliki data pelanggan yang sudah kita padamkan delapan jam. Jadi, jangan khawatir kalau sudah lebih dari delapan jam akan kita berikan kompensasi pengurangan biaya beban," tambah Eric.

Koordinasi dengan Pemerintah Daerah

Gubernur Sumbar, Mahyeldi, menyatakan telah berkoordinasi dengan PLN UID Sumbar untuk memastikan insiden pemadaman listrik total ini menjadi perhatian serius. "Saya sudah berkoordinasi dengan PLN, dan PLN menyampaikan akan bekerja optimal untuk kembali memulihkan jaringan listrik di Provinsi Sumbar," tegas Mahyeldi.

Ia menekankan bahwa dengan kondisi Sumbar yang selama ini surplus aliran listrik, pemadaman total seharusnya tidak terjadi. Oleh karena itu, PLN diminta segera mencari solusi untuk mencegah terulangnya kejadian serupa di masa mendatang.

Penyebab dan Penyelidikan Pemadaman

Pemadaman yang terjadi sejak Selasa siang diduga akibat gangguan sistem kelistrikan pada jaringan transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 275 kV jurusan Lubuk Linggau-Lahat. PLN menyebutkan bahwa mereka belum menyelidiki penyebab kerusakan tersebut dan saat ini fokus untuk menormalkan kembali pasokan listrik.

"Kami masih belum menyelidiki apakah ada ulah dari tangan tak bertanggung jawab dan yang lainnya. Kami masih fokus menormalkan listriknya," kata Iwan, perwakilan PLN. Ia menegaskan bahwa setelah listrik benar-benar pulih, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan penyelidikan.

Normalisasi Listrik di Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu

Listrik di Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu sudah kembali normal 100 persen sejak pukul 01.16 WIB dini hari, Kamis (6/6/2024), setelah terjadi blackout akibat gangguan transmisi SUTT 275 kV Lubuklinggau - Lahat.

"Kita bersyukur sudah sejak dini hari listrik sudah kembali normal 100 persen. Kami mengucapkan terima kasih atas doa dan dukungan masyarakat," ujar Iwan.

Untuk memperbaiki gangguan tersebut, PT PLN (Persero) mengerahkan 130 personel. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktur Jenderal Ketenagalistrikan, Jisman Hutajulu, menyatakan bahwa pemadaman listrik total di sejumlah wilayah di Pulau Sumatera hampir teratasi dan meminta PLN melakukan mitigasi agar kejadian serupa tidak terulang.

Respons Masyarakat dan Dampak Pemadaman

Di Palembang, warga melaporkan bahwa listrik padam sejak sekitar pukul 11:00 WIB pada 4 Juni 2024. "Sudah sejak pukul 11:00 lampu mati. Untung saya sudah mengecas ponsel sampai penuh. Semoga listrik cepat pulih," kata Intan, seorang warga Palembang.

Warga lainnya, Indra dari Sukabangun Palembang, juga berharap agar listrik cepat kembali normal karena pemadaman cukup mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama pada siang hari.

PLN memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami pelanggan dan berjanji akan terus berupaya mengembalikan kondisi listrik ke normal secepat mungkin. "Saat ini, petugas kami sedang berusaha mengembalikan kondisi listrik ke normal," tambah PLN dalam klarifikasinya.

Dengan adanya upaya maksimal dari PLN dan dukungan penuh dari pemerintah, diharapkan kondisi kelistrikan di wilayah terdampak dapat segera pulih dan berjalan normal kembali.

(Mond)

#PLN #ListrikPadam

No comments