Breaking News

Bagaskara Ikhlasulla Arif, Keponakan Presiden Jokowi, Jabat Posisi Strategis di Pertamina

Gedung Pertamina 

D'On, Jakarta,-
PT Pertamina (Persero) membenarkan bahwa Bagaskara Ikhlasulla Arif, yang merupakan keponakan dari Presiden Joko Widodo, telah diangkat sebagai Manager Non-Government Relations di perusahaan tersebut. Pengangkatan ini dilakukan melalui jalur profesional, sebagaimana diungkapkan oleh Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso.

Pengangkatan Profesional

Fadjar Djoko Santoso menjelaskan bahwa Bagaskara Ikhlasulla Arif telah bergabung dengan Pertamina sejak Maret 2024. “Benar, per Maret 2024. Bagaskara masuk Pertamina tahun 2021 melalui jalur profesional,” kata Fadjar, Kamis (6/6/2024) dilansir dari Merdeka.com di Jakarta.

Pertamina secara rutin membuka rekrutmen untuk tenaga kerja berpengalaman. Jalur rekrutmen ini memprioritaskan tenaga kerja yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. “Pertamina biasa melakukan rekrutmen melalui experienced hire sesuai kebutuhan dengan melihat kompetensinya,” tambah Fadjar.

Viral di Media Sosial

Penunjukan Bagaskara menjadi perbincangan hangat setelah unggahannya di LinkedIn menjadi viral. Dalam postingannya, Bagaskara menyatakan kebahagiaannya atas jabatan barunya di Pertamina. "I’m happy to share that I’m starting a new position as Manager Non Government Relations at PT Pertamina (Persero)!" tulis Bagaskara.

Namun, profil LinkedIn Bagaskara kini tidak lagi tersedia untuk publik. Sebelum diangkat di Pertamina, Bagaskara pernah menjabat sebagai Asisten Manajer di PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) dari November hingga Oktober 2021.

Gaji Manager di Pertamina

Menjabat sebagai Manager di Pertamina tentu menarik perhatian banyak pihak, terutama mengenai besaran gaji yang diterima. Gaji seorang Manager di Pertamina bervariasi tergantung beberapa faktor, termasuk posisi jabatan, lokasi kerja, pengalaman, dan kinerja. Berikut adalah kisaran gaji untuk beberapa posisi Manager di Pertamina:

- Manager: Rp 15 juta - Rp 21,1 juta per bulan

- Field Manager: Sekitar Rp 20 juta per bulan

Gaji ini bisa meningkat dengan adanya bonus dan tunjangan berdasarkan kinerja yang dinilai baik.

Struktur Kepemilikan Pertamina

Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Pertamina sepenuhnya dimiliki oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Menteri BUMN bertindak sebagai Kuasa Pemegang Saham dan memiliki wewenang untuk menunjuk Dewan Komisaris dan Direksi Pertamina. Pemilihan ini didasarkan pada kompetensi dan prestasi, serta diatur dalam Anggaran Dasar PT Pertamina dan arahan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Pengangkatan Bagaskara Ikhlasulla Arif sebagai Manager Non-Government Relations di Pertamina menunjukkan komitmen perusahaan untuk merekrut tenaga profesional yang kompeten. Meski ada hubungan kekerabatan dengan Presiden, proses rekrutmen Bagaskara dilakukan secara profesional dan transparan. Ini menjadi bukti bahwa Pertamina tetap konsisten dalam menjalankan proses rekrutmennya sesuai dengan kebutuhan dan standar kompetensi yang tinggi.

(Mond)

#Pertamina #BUMN #Viral

No comments