Breaking News

Operasi Kesehatan Hewan Kurban Kota Padang: 1550 Sapi Siap Disembelih

Dinas Pertanian Periksa Kesehatan Hewan Qurban 

D'On, Padang (Sumbar),-
Dalam upaya memastikan hewan kurban di Kota Padang memenuhi standar kesehatan dan syariah, Pemerintah Kota Padang telah meluncurkan operasi pengawasan yang intensif. Dinas Pertanian Kota Padang membentuk tim kesehatan hewan (Keswan) yang telah meninjau lebih dari 2000 ekor hewan kurban di berbagai titik penampungan di 9 kecamatan. Hingga saat ini, 1550 ekor sapi telah dinyatakan layak untuk dikurbankan setelah melalui penilaian ketat dari tim Keswan.

Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Yoice Yuliani, menekankan bahwa tim Keswan akan terus memaksimalkan upaya mereka dalam memeriksa setiap hewan kurban yang ada, memastikan bahwa hewan-hewan tersebut memenuhi semua kriteria yang telah ditetapkan. Kriteria tersebut meliputi usia minimal dua tahun, telah mengganti gigi, tidak memiliki cacat, bulu yang mengkilap, serta pentingnya jenis kelamin jantan untuk memastikan kelayakan hewan kurban.

Dalam menyambut Hari Raya Idul Adha, diprediksi bahwa sekitar 7000 ekor hewan kurban akan disembelih di Kota Padang. Untuk memenuhi kebutuhan ini, beberapa hewan kurban juga didatangkan dari kabupaten/kota tetangga. Namun, Yoice Yuliani menegaskan bahwa hewan-hewan kurban yang didatangkan dari luar harus disertai dengan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari daerah asal mereka untuk memastikan kesehatan mereka.

Selain melakukan pengecekan kesehatan hewan, pihak Dinas Pertanian Kota Padang juga aktif dalam melakukan sosialisasi kepada pengurus masjid serta panitia kurban tentang pentingnya memilih hewan kurban yang sehat dan layak. Dengan demikian, upaya ini tidak hanya bertujuan untuk memastikan kesehatan hewan kurban, tetapi juga untuk meningkatkan kesadaran akan kualitas dan syariah dalam pelaksanaan ibadah kurban.

(Mond)

#HewanQurban #Padang

No comments