Breaking News

Mantan Tentara Jadi Pemasok Senjata untuk KKB di Papua

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz, AKBP Bayu Suseno, memperlihatkan foto Markus Richardo Okoseray, mantan anggota TNI AD yang ditangkap.

D'On, Papua,-
Operasi Damai Cartenz mengumumkan penangkapan Markus Richardo Okoseray, mantan anggota TNI AD yang menjadi pemasok senjata bagi kelompok bersenjata di Kabupaten Jayapura, Papua. Markus Okoseray, yang ditangkap di Distrik Depapre pada Senin (3/6/2024), merupakan sosok kunci dalam rantai pasok senjata ke KKB.

Penasihat Kepolisian Bayu Suseno mengungkapkan bahwa operasi tersebut juga berhasil menangkap Petrus Oyaitouw, seorang petani 74 tahun, yang merupakan sumber senjata bagi Okoseray. Oyaitouw, yang beralamat di Kelurahan Hedam, Distrik Heram, Kota Jayapura, diduga telah dua kali menjual senjata laras pendek kepada Okoseray.

Menurut Bayu, satu senjata telah terjual kepada KKB, sementara yang satu lagi berhasil diamankan saat penangkapan Okoseray. Bayu menegaskan bahwa keduanya merupakan bagian dari jaringan pemasok senjata dan amunisi untuk KKB di bawah kepemimpinan Sepi Klembiab, Kepala Staf TPNPB Kodap I wilayah Tabi.

Saat ini, kedua tersangka sedang menjalani pemeriksaan di Posko Operasi Damai Cartenz-2024 di Jayapura. Penyelidikan masih terus berlangsung untuk mengungkap kemungkinan tersangka lain yang terlibat dalam jaringan ini.

(*)

#KKB #PenjualanSenjataApi #TNI