Breaking News

KPK Deteksi Keberadaan Harun Masiku, Penangkapan Dalam Waktu Dekat?

Alexander Marwata, Wakil Ketua KPK: KPK telah mendeteksi keberadaan Harun Masiku. Alex berharap Harun dapat ditangkap dalam sepekan

D'On, Jakarta,–
Setelah buron sejak awal 2020, Harun Masiku, mantan calon legislatif dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), kini terendus keberadaannya oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Harapan untuk menangkapnya dalam waktu dekat kembali menguat. Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, mengungkapkan optimisme bahwa penangkapan Harun Masiku dapat terlaksana dalam sepekan ini.

“Kami berharap bisa menangkap Harun dalam satu minggu ke depan. Mudah-mudahan ini dapat segera terwujud,” ungkap Alex saat ditemui di gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024).

Pernyataan Alex ini memberikan angin segar dalam kasus yang telah berlangsung selama lebih dari empat tahun. "Saya pikir keberadaan Harun Masiku sudah diketahui penyidik," tegasnya, memperlihatkan keyakinan bahwa KPK telah mengantongi informasi krusial terkait lokasi Harun.

Perjalanan Panjang Penangkapan Harun Masiku

Harun Masiku menjadi buronan sejak terlibat dalam kasus suap terhadap mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan, untuk memuluskan langkahnya sebagai anggota DPR. Keberadaannya terus menjadi misteri hingga memunculkan spekulasi liar di masyarakat. Upaya pencarian Harun melibatkan berbagai operasi yang berlarut-larut tanpa hasil pasti, hingga kini ada indikasi kuat yang dilacak oleh tim penyidik KPK.

Pemeriksaan Hasto Kristiyanto: Murni Penegakan Hukum

Dalam perkembangan terkini, Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, turut diperiksa oleh KPK. Pemeriksaan ini menimbulkan spekulasi akan keterkaitannya dengan kasus Harun Masiku. Namun, Alex menegaskan bahwa pemeriksaan terhadap Hasto tidak ada hubungannya dengan politik atau intervensi dari pihak luar.

"Pemeriksaan Hasto adalah bagian dari proses penyidikan yang wajar. Tidak ada tekanan atau perintah dari pihak eksternal terhadap pimpinan KPK," jelas Alex. Menurutnya, langkah ini dilakukan karena adanya informasi baru yang mungkin mengarah pada keberadaan Harun Masiku.

Alex juga menegaskan bahwa KPK berkomitmen penuh pada prinsip penegakan hukum yang adil dan transparan, tanpa terpengaruh oleh kepentingan politik apapun. “Pemeriksaan terhadap Hasto bisa jadi karena penyidik mendapatkan informasi baru yang signifikan,” imbuhnya.

Harapan untuk Penangkapan Segera

Dengan keyakinan yang disampaikan oleh Alex, publik kembali berharap agar buronan lama ini dapat segera ditangkap dan menjalani proses hukum yang berlaku. Penangkapan Harun Masiku diharapkan dapat memberikan titik terang dan keadilan bagi kasus yang sudah menarik perhatian luas ini.

KPK berkomitmen untuk terus bekerja secara intensif dan kolaboratif dengan berbagai pihak untuk memastikan Harun Masiku tidak lagi bebas berkeliaran. Publik kini menantikan perkembangan terbaru dari KPK dan berharap agar optimisme ini berbuah manis dalam waktu dekat.

(*)

#KPK #HarunMasiku

No comments