Breaking News

Kejagung Waspada: Drone Misterius Intai Kompleks Kejagung, Keamanan Diperketat

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Ketut Sumedana

D'On, Jakarta,-
Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung) kembali menjadi sorotan setelah adanya laporan tentang keberadaan drone yang terbang mengitari kompleks Kejagung pada Rabu (5/6/2024) malam. Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Ketut Sumedana, menyatakan pihaknya telah melakukan analisis terhadap drone tersebut, termasuk asal-usul dan muatannya.

“Kami sedang menganalisis lebih lanjut mengenai drone ini, dari mana asalnya, serta apa muatannya. Nanti kami akan konfirmasi hasil analisis tersebut,” ujar Ketut kepada wartawan.

Hingga saat ini, pihak Kejagung belum mengetahui siapa yang mengendalikan drone tersebut. Menurut Ketut, alat tersebut bisa saja dikendalikan dari jarak jauh, bahkan dari luar kompleks Kejagung.

"Drone yang terlihat di sekitar Kejaksaan Agung cukup sering muncul belakangan ini," tambah Ketut.

Ketut menegaskan bahwa pihaknya tidak akan segan-segan menembak drone yang dianggap mengancam keamanan. Hingga kini, beberapa drone telah ditembak jatuh oleh tim Pengamanan Internal (Paminal).

“Sampai sejauh ini, kami telah berhasil menembak jatuh beberapa drone yang terbang di sekitar kompleks kami,” kata Ketut.

Dalam pernyataannya, Ketut juga mengungkapkan bahwa Kejagung telah meningkatkan sistem pengamanan khusus untuk menghadapi ancaman dari drone. "Kami memiliki sistem pengamanan khusus terhadap drone. Jika drone tersebut membahayakan, kami tidak akan ragu untuk menembaknya," tegasnya.

Pengamanan Ketat di Kejagung

Keberadaan drone yang terus berulang di sekitar Kejagung menimbulkan spekulasi dan kekhawatiran tentang motif di baliknya. Peningkatan pengamanan ini menunjukkan betapa seriusnya Kejagung dalam menghadapi ancaman tersebut. Penggunaan drone yang kian marak, baik untuk keperluan komersial maupun pribadi, memaksa lembaga-lembaga penting seperti Kejagung untuk mengadaptasi teknologi dalam sistem pengamanannya.

"Drone bisa dikendalikan dari mana saja, bahkan dari luar kompleks. Ini menambah tantangan dalam pengamanan," kata Ketut.

Analisis dan Langkah Ke Depan

Ketut juga menyinggung tentang pentingnya analisis mendalam terhadap drone yang terbang di sekitar Kejagung. “Kami akan melihat apa muatan drone tersebut, seperti apa teknologinya, dan siapa yang mungkin berada di balik pengoperasiannya,” jelasnya.

Ketut memastikan bahwa pihaknya akan terus memantau situasi dan mengambil langkah-langkah preventif untuk memastikan keamanan kompleks Kejagung. Dengan adanya pengamanan yang diperketat, diharapkan kejadian serupa tidak akan terulang dan keamanan Kejagung tetap terjaga.

Situasi ini menunjukkan pentingnya kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi ancaman yang berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Kejagung berkomitmen untuk terus melindungi integritas dan keamanan lembaga dari berbagai ancaman, termasuk dari udara.

Keberadaan drone misterius di sekitar kompleks Kejagung menjadi isu yang menarik perhatian publik. Langkah tegas yang diambil oleh pihak Kejagung dalam menangani situasi ini diharapkan dapat memberikan rasa aman dan menghalangi upaya-upaya yang dapat mengancam keamanan lembaga. Kejagung akan terus bekerja keras untuk memastikan bahwa keamanan dan integritas lembaga tetap terjaga dari segala bentuk ancaman.

(*)

#Kejagung #Peristiwa #Penguntitan #TerorDroneKejagung

No comments