Breaking News

Hasto Kristiyanto Penuhi Panggilan KPK: Fokus Pada Kasus Buronan Harun Masiku

Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, memenuhi panggilan penyidik KPK pada Senin, 10 Juni 2024.

D'On, Jakarta,–
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, memenuhi panggilan tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin (10/6). Panggilan ini terkait penyelidikan dalam kasus dugaan suap yang melibatkan penetapan anggota DPR periode 2019-2024 dengan tersangka utama Harun Masiku. Hingga saat ini, Harun Masiku masih menjadi buronan yang sulit ditangkap.

Tepat pukul 09.40 WIB, Hasto tiba di gedung Merah Putih KPK, Jakarta. Ia didampingi oleh tim kuasa hukumnya, yakni Ronny Talapessy dan Patra Zen. Tampil dengan wajah serius, Hasto berusaha menghindari kerumunan media yang menunggu kedatangannya.

"Saya akan memberikan keterangan yang sebaik-baiknya. Saya dipanggil dalam kapasitas sebagai saksi. Jadi mohon sabar, nanti saya akan memberikan keterangan pers selengkap-lengkapnya," ujar Hasto saat disambut awak media di lokasi.

KPK memanggil Hasto untuk mengonfirmasi informasi baru mengenai dugaan keberadaan Harun Masiku. Keterangan ini diharapkan dapat membuka titik terang atas misteri buronnya Harun yang telah lama menghilang sejak Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada 8 Januari 2020. Dalam OTT tersebut, Harun diduga terlibat dalam suap kepada Komisioner KPU saat itu, Wahyu Setiawan, dengan tujuan memuluskan jalannya untuk menjadi anggota DPR melalui mekanisme pergantian antarwaktu (PAW).

Pemeriksaan Saksi Kunci: Penggalian Informasi Keberadaan Harun

Selain Hasto, KPK telah memeriksa sejumlah saksi lain yang diyakini memiliki informasi penting terkait keberadaan Harun Masiku. Pada Jumat (31/5/2024), KPK menggali keterangan dari Melita De Grave, seorang mahasiswa yang diduga mengetahui jaringan pihak yang mengamankan Harun. Melita dianggap memiliki informasi vital yang bisa memandu KPK dalam upaya pencarian buronan tersebut.

KPK juga telah memeriksa Simeon Petrus, seorang pengacara, dan Hugo Ganda, seorang pelajar, pada Rabu (29/5/2024) dan Kamis (30/5/2024). Kedua saksi ini memberikan kesaksian mengenai dugaan upaya pihak-pihak tertentu yang mencoba menyembunyikan Harun. Penyelidikan intensif ini menandakan keseriusan KPK dalam menangani hambatan yang menghalangi penangkapan Harun.

Peran Hasto dan Relevansi Kesaksiannya

Keterlibatan Hasto sebagai saksi dinilai strategis oleh KPK. Sebagai tokoh penting dalam PDIP, keterangan Hasto diharapkan dapat membantu mengurai benang kusut terkait skandal suap yang menyeret Harun. Hasto sendiri berjanji akan memberikan keterangan yang transparan kepada penyidik.

Kehadiran Hasto di KPK menambah daftar panjang tokoh politik yang diperiksa terkait kasus suap dalam PAW DPR. Kasus ini mengguncang PDIP dan menimbulkan berbagai spekulasi mengenai integritas proses PAW di tubuh partai.

Harun Masiku: Buron yang Tak Kunjung Tertangkap

Harun Masiku, mantan calon legislatif PDIP, menjadi buron sejak OTT KPK pada Januari 2020. Ia diduga terlibat dalam memberikan suap kepada Wahyu Setiawan untuk memastikan dirinya dapat menggantikan anggota DPR yang mengundurkan diri. Hingga saat ini, Harun masih berada dalam daftar pencarian orang KPK, dengan berbagai spekulasi muncul tentang keberadaannya di dalam atau di luar negeri.

Upaya KPK untuk menangkap Harun Masiku terus mengalami hambatan, termasuk dugaan adanya pihak-pihak yang sengaja menyembunyikan Harun dari radar penegak hukum. KPK tetap optimis bahwa dengan dukungan kesaksian para saksi, termasuk Hasto Kristiyanto, upaya pencarian dan penegakan hukum terhadap Harun Masiku akan membuahkan hasil.

Tantangan KPK dan Harapan di Masa Depan

Kasus Harun Masiku menjadi salah satu tantangan terbesar bagi KPK dalam upayanya memberantas korupsi di Indonesia. Penyidikan yang kompleks dan upaya sistematis untuk menghalangi pencarian Harun menggambarkan betapa rumitnya penanganan kasus suap di tingkat tinggi. Namun, KPK berkomitmen untuk terus mengejar Harun dan menegakkan hukum tanpa pandang bulu.

Hasto Kristiyanto dijadwalkan memberikan pernyataan resmi setelah pemeriksaannya di KPK selesai. Publik menanti hasil pemeriksaan ini dengan harapan agar kasus Harun Masiku dapat segera diungkap sepenuhnya dan memberikan pelajaran penting dalam upaya pemberantasan korupsi di negeri ini.

(*)

#HastoKristiyanto #HarunMasiku #KPK #Korupsi

No comments