Breaking News

Upaya Pencegahan Peretasan Situs Pemerintahan Ditingkatkan Melalui Bimbingan Teknis di Kota Padang


D'On, Padang (Sumbar),-
 Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar Bimtek Penanganan Aktivitas  Malware Stealer, Selasa (7/5/2024).

Dalam menghadapi ancaman peretasan yang semakin canggih, Pemerintah Kota Padang telah mengambil langkah proaktif dengan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penanganan Aktivitas Malware Stealer pada Selasa kemarin. Acara ini dihadiri oleh 60 agen Computer Security Incident Response Team (CSIRT) di Ruang Abu Bakar Jaar, Balai Kota Padang, dengan kehormatan pembukaan oleh Sekretaris Daerah Kota Padang.

Boby Firman, yang mewakili Sekda Kota Padang dalam acara tersebut, menekankan pentingnya keamanan informasi dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap sistem pelayanan publik. Dia juga memaparkan peran vital CSIRT Padang dalam memperkuat sistem keamanan di seluruh kota, yang telah diluncurkan sejak tahun 2022.

Bimtek tersebut bertujuan untuk memberikan pembekalan dan meningkatkan keterampilan agen CSIRT dalam menangani ancaman keamanan informasi, terutama dalam perlindungan data pribadi pada layanan publik di pemerintahan Kota Padang. Boby menyoroti hasil riset BSSN yang menunjukkan lonjakan aktivitas malware pada tahun 2023, yang berpotensi merusak kinerja perangkat dan jaringan.

Sementara itu, Kabid Statistik Persandian Diskominfo, Devi Susanty Razif, memberikan gambaran detail tentang tren anomali lalu lintas keamanan siber di Indonesia. Dengan lebih dari 403 juta aktivitas anomali terdeteksi, termasuk serangan trojan rat dan situs phishing, data tersebut menyoroti urgensi perlindungan sistem terhadap ancaman siber.

Menurutnya, aktivitas anomali tersebut dapat mengganggu kinerja sistem dan jaringan secara signifikan. Oleh karena itu, melalui bimtek ini, diharapkan agen CSIRT dapat lebih memahami bahaya dan strategi penanganan terhadap malware stealer, sebagai langkah preventif untuk menjaga integritas dan reputasi pelayanan pemerintahan.

Dengan demikian, upaya pencegahan dan penanganan terhadap peretasan situs pemerintahan di Kota Padang terus ditingkatkan melalui kolaborasi antara berbagai pihak terkait, demi menjaga keamanan dan keandalan sistem dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

(*)

#Cyber #Padang

No comments