Breaking News

Satlantas Polresta Padang dan Dishub Lakukan Ramp Check pada Seluruh PO Pariwisata di Kota Padang

Satlantas Polresta Padang Lakukan Ramp Check Bus Pariwisata 

D'On, Padang (Sumbar),-
Upaya meningkatkan keselamatan dan kenyamanan bagi masyarakat yang menggunakan jasa transportasi bus terus dilakukan oleh Satlantas Polresta Padang. Rabu sore ini, Satlantas Polresta Padang, bersama dengan Dishub Padang dan Jasa Raharja, menggelar pemeriksaan mendadak (ramp check) di beberapa Perusahaan Otobus (PO) Pariwisata di Kota Padang. Pemeriksaan dimulai dari PO MPM yang berlokasi di Jalan By Pass, Pasar Ambacang, Kecamatan Kuranji.

Tujuan Ramp Check

Kompol Alfin, Kasat Lantas Polresta Padang, menyatakan bahwa ramp check ini bertujuan untuk memastikan seluruh bus yang beroperasi dalam kondisi layak jalan. "Ramp check ini untuk memastikan keamanan kondisi armada yang digunakan sehari-hari," ujar Alfin. Dengan tujuan memastikan bus pariwisata yang digunakan masyarakat, baik untuk wisata lokal maupun rute Padang-Jakarta, berada dalam kondisi prima dan memenuhi standar keselamatan yang telah ditetapkan.

Rangkaian Pemeriksaan

Dalam pemeriksaan tersebut, tim gabungan terlihat teliti mengecek berbagai aspek teknis dari setiap bus. Mulai dari kondisi ban, rem, hingga fasilitas keamanan lainnya seperti keberadaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), palu pemecah kaca, serta kelengkapan lampu dan klakson. Tak hanya itu, kelengkapan surat-surat kendaraan serta Surat Izin Mengemudi (SIM) dari para pengemudi bus juga diperiksa dengan seksama.

"Ramp check ini meliputi sistem pengereman, lampu, ban, wiper, klakson, dan lainnya yang mencakup keamanan serta keselamatan penumpang," jelas Alfin. "Kami berharap, pengecekan kelayakan bus ini dapat mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas."

Pentingnya Pemeriksaan

Alfin menekankan pentingnya pemeriksaan ini untuk memberikan jaminan keamanan dan keselamatan bagi masyarakat Kota Padang yang akan bepergian menggunakan bus, terutama menjelang momen libur panjang. Dengan ramp check ini, diharapkan masyarakat dapat merasa aman dan nyaman selama perjalanan mereka.

Hasil Ramp Check

Menurut Alfin, hasil ramp check ini menunjukkan bahwa seluruh bus yang diperiksa telah memenuhi standar keselamatan. "Pasalnya, seluruh bus di Kota Padang telah dicek, dan dipastikan kondisinya aman serta siap digunakan masyarakat pada momen libur," ungkapnya.

Ramp check yang dilakukan oleh Satlantas Polresta Padang, Dishub Padang, dan Jasa Raharja ini merupakan langkah proaktif dalam memastikan setiap armada bus pariwisata di Kota Padang siap melayani masyarakat dengan standar keselamatan tertinggi. Langkah ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam meningkatkan keselamatan transportasi publik.

Dengan adanya ramp check ini, masyarakat diharapkan dapat lebih percaya dan merasa aman saat menggunakan jasa transportasi bus pariwisata di Kota Padang. Ke depannya, kegiatan serupa akan terus dilakukan secara rutin untuk menjaga kualitas dan keselamatan layanan transportasi publik di kota ini.

(*)

#Padang #SatlantasPolrestaPadang #RampCheck

No comments