Breaking News

Satgas Yonif 133/Yudha Sakti Sergap Markas OPM di Hutan Papua Barat Daya, Barang Bukti Diamankan

Satgas Batalyon Infanteri 133/Yudha Sakti menguasai markas OPM di Maybrat setelah kontak tembak.

D'On, Maybrat, Papua Barat Daya,-
Satuan Tugas (Satgas) Batalyon Infanteri 133/Yudha Sakti berhasil menyergap lokasi persembunyian kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM) di hutan Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya. Insiden tersebut diwarnai kontak tembak antara Satgas dan OPM, namun tidak ada korban jiwa yang dilaporkan.

Operasi Patroli Menemukan Lokasi Persembunyian OPM

Menurut Komandan Satgas Yonif 133/YS, Letkol Inf Andhika Ganessakti, kontak senjata terjadi saat Pasukan Yudha Sakti melaksanakan patroli di pedalaman hutan. "Satgas menyergap lokasi persembunyian OPM saat Pasukan Yudha Sakti melakukan patroli ke pedalaman hutan, sehingga terjadilah kontak tembak. Usai kontak tembak, OPM pun lari tunggang langgang karena melihat kesigapan pasukan Yudha Sakti saat memburu mereka," jelas Ganessakti.

Penemuan Sarang dan Barang Bukti

Setelah berhasil memukul mundur OPM, Pasukan Yudha Sakti menemukan sarang persembunyian berupa gubuk yang digunakan oleh anggota OPM. "Anggota berhasil menguasai dan menduduki tempat persembunyian OPM Sorong Raya, dan berhasil menemukan berbagai macam barang bukti," kata Ganessakti.

Barang bukti yang ditemukan di lokasi tersebut cukup beragam. Di antaranya, 2 unit handphone android, 5 unit handphone poliponik, 1 helai kemeja bergambar "Free West Papua", 1 buah HT, 1 kotak munisi senapan angin, 5 buku bertuliskan mantra, 1 buah charger handphone, 4 buah senter, 2 buah topi, 3 buah gelang bergambar "Free West Papua", 1 helai bendera bergambar "Free West Papua", 2 helai baju loreng, puluhan anak panah, 2 unit solar cell, 1 kotak kawat las, alat-alat masak, dan bahan makanan.

Operasi Proaktif di Distrik Aifat Raya

Letkol Ganessakti menegaskan bahwa operasi ini adalah bagian dari langkah-langkah proaktif yang dilakukan oleh Pasukan Yudha Sakti untuk mengamankan wilayah Distrik Aifat Raya dari gangguan OPM. "Aparat keamanan dalam hal ini Pasukan Yudha Sakti yang berjaga-jaga di wilayah Distrik Aifat Raya, terus melancarkan langkah-langkah proaktif mengamankan wilayah setempat dari berbagai macam gangguan OPM. Salah satu di antaranya melalui patroli di setiap jengkal tanah Maybrat," paparnya.

Patroli Keamanan yang Intensif

Pasukan Yudha Sakti terus meningkatkan patroli keamanan setelah beberapa kali serangan yang dilancarkan oleh OPM di wilayah Distrik Aifat Raya-Maybrat. "Kita terus memastikan dan menjaga keamanan di wilayah Papua dengan sangat serius," tegas Ganessakti.

Dengan langkah-langkah yang intensif ini, diharapkan wilayah Distrik Aifat Raya dapat tetap aman dan kondusif, serta masyarakat setempat bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan tenang tanpa ancaman dari kelompok OPM.

(*)

#TNI #OPM #KKB