Breaking News

Polwan RI Kunjungi Tanah Datar, Salurkan Bantuan dan Dukungan untuk Korban Banjir Lahar Dingin

Polwan RI Beri Dukungan dan Bantuan Untuk Korban Musibah di Kabupaten Tanah Datar 

D'On, Tanah Datar (Sumbar),-
Kabupaten Tanah Datar mengalami bencana alam banjir bandang lahar dingin yang telah membawa dampak signifikan bagi masyarakat setempat. Sebagai bentuk kepedulian, Perwira Koordinator (Pakor) Polisi Wanita (Polwan) Republik Indonesia, Brigjen Pol Desy Andriani, mengunjungi beberapa wilayah terdampak untuk menyalurkan bantuan pada Minggu (19/5/2024).

Kunjungan dan Penyaluran Bantuan

Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya Polwan RI untuk memberikan bantuan dan dukungan langsung kepada masyarakat yang terkena dampak bencana. Brigjen Pol Desy Andriani, didampingi oleh Pakor Polwan Polda Sumbar serta sejumlah Polwan dari Polda dan Polres Tanah Datar, mengunjungi posko bencana di Nagari Parambahan, Kecamatan Lima Kaum, dan di Nagari Sungai Jambu, Kecamatan Pariangan.

Sentuhan Kepedulian

Dalam kunjungan tersebut, Brigjen Pol Desy Andriani menyerahkan berbagai bantuan berupa bahan makanan, pakaian, serta bantuan finansial untuk keluarga korban yang meninggal dunia. "Saya hadir di sini selaku Pakor Polwan memberikan sedikit sentuhan dan tali asih kepada korban, khususnya kepada ahli waris yang kehilangan anggota keluarga," ujarnya.

Brigjen Pol Desy Andriani menjelaskan bahwa kegiatan sosial ini dimulai sejak Sabtu (18/5) di sebuah mesjid di Nagari Parambahan, Kecamatan Lima Kaum. "Ini adalah bentuk kepedulian kami sebagai Polwan Republik Indonesia kepada korban bencana alam," tambahnya.

Layanan Kesehatan dan Trauma Healing

Tidak hanya menyalurkan bantuan materiil, para Polwan juga memberikan pelayanan kesehatan kepada warga di Sungai Jambu. Mereka menyediakan vitamin dan obat-obatan untuk masyarakat yang memerlukan. "Pagi ini kami melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan, besok kami juga akan melakukan kegiatan serupa di Bukit Batabuah," jelas Brigjen Pol Desy.

Selain itu, kegiatan ini turut melibatkan Bag Psikologi Biro SDM Polda Sumbar yang memberikan trauma healing untuk memulihkan kondisi psikologis masyarakat yang terdampak bencana. Brigjen Pol Desy Andriani memberikan motivasi dan semangat kepada korban bencana, membantu mereka untuk bangkit dari trauma yang dialami.

Kolaborasi dan Dukungan

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Polwan Polda Sumbar, Polres, dan Bag Psikologi Biro SDM Polda Sumbar. "Kami di sini bersama untuk mendukung masyarakat Tanah Datar," kata Brigjen Pol Desy Andriani. Usai penyaluran bantuan, rombongan Polwan melanjutkan kegiatan dengan mengunjungi titik-titik lain yang membutuhkan bantuan serupa.

Brigjen Pol Desy Andriani berharap kegiatan ini dapat meringankan beban masyarakat yang terkena dampak bencana dan memberikan semangat baru bagi mereka untuk bangkit kembali. "Semoga kehadiran kami di sini dapat memberikan manfaat dan meringankan beban saudara-saudara kita," pungkasnya.

Kegiatan ini menunjukkan betapa pentingnya solidaritas dan kepedulian terhadap sesama, terutama dalam menghadapi situasi bencana. Upaya yang dilakukan oleh Polwan RI menjadi inspirasi bagi banyak pihak untuk terus membantu dan mendukung masyarakat yang membutuhkan.

(*)

#Polri #Polwan #BencanaAlam #SumateraBarat

No comments