Breaking News

Pj Wali Kota Padang Andree Algamar:Panwascam Harus Jujur, Adil, dan Nonpartisan

Bawaslu Kota Padang Lantik 33 Panitia Panwascam 

D'On, Padang (Sumbar),-
Dalam rangka mensukseskan agenda politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Padang telah melantik 33 Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) di Hotel Axana pada Jumat, 24 Mei 2024. 

Penjabat (Pj) Wali Kota Padang, Andree Algamar, menekankan bahwa Panwascam harus melaksanakan tugas mereka dengan integritas tinggi dan tanggung jawab penuh. "Panwascam harus bersikap adil, jujur, dan nonpartisan. Mereka harus melakukan pencegahan dan penindakan terhadap pelanggaran pilkada dan sengketa di wilayah kerja mereka," tegas Andree dalam sambutannya.

Menjaga Integritas dan Demokrasi

Andree menggarisbawahi pentingnya peran Panwascam dalam menjaga demokrasi lokal yang sehat. Ia mengingatkan agar Panwascam meningkatkan dan memelihara koordinasi dengan semua pemangku kepentingan. "Selamat menjalankan tugas. Suskeskan pilkada dan lakukan pengawasan serta selesaikan konflik dengan amanah," ujarnya di hadapan para undangan, termasuk Kepala Badan Kesatuan Kebangsaan dan Politik (Kabankesbangpol) Kota Padang, Tarmizi.

Dukungan Penuh Pemko Padang

Ketua Bawaslu Kota Padang, Eris Nanda, menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Padang yang telah mendukung seluruh proses menjelang Pilkada 2024. "Bersama kita pegang amanah ini. Mari kita antisipasi konflik Pilkada sedini mungkin sebelum menjadi besar. Kita maksimalkan pengawasan," kata Eris.

Eris juga menekankan pentingnya menciptakan Pilkada yang aman, damai, nyaman, dan bermartabat. "Pengawasan yang ketat dan koordinasi yang baik antara Panwascam dan stakeholder lainnya sangat krusial untuk mewujudkan Pilkada yang berkualitas," tambahnya.

Tantangan dan Harapan

Pelantikan Panwascam ini menjadi tonggak penting dalam persiapan Pilkada 2024. Dengan semangat integritas dan netralitas, Panwascam diharapkan mampu menjalankan tugas mereka dengan baik, mengatasi berbagai tantangan, dan mengantisipasi segala bentuk pelanggaran yang mungkin terjadi.

Kesuksesan Pilkada tidak hanya ditentukan oleh penyelenggaraan teknisnya, tetapi juga oleh sejauh mana pengawasan dapat mencegah dan menindak pelanggaran. "Kami berharap Panwascam dapat bekerja dengan penuh dedikasi, menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan dan kejujuran, serta memastikan setiap tahap Pilkada berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku," pungkas Eris.

Dengan pelantikan ini, harapan besar disematkan kepada Panwascam untuk menjaga integritas dan kualitas demokrasi di Kota Padang. Pilkada yang adil dan bermartabat bukan hanya tanggung jawab Bawaslu, tetapi juga seluruh elemen masyarakat yang mendambakan perubahan dan kemajuan. Semoga Pilkada 2024 dapat berjalan dengan lancar, damai, dan menghasilkan pemimpin yang amanah.

(Mond)

#Pilkada #Padang #Panwascam

No comments