Breaking News

Misi Kemanusiaan: Ka-Dinsos Heriza Syafani Lepas Tim TAGANA Kota Padang ke Daerah Bencana

Kepala Dinas Sosial Kota Padang Heriza Syafani 

D'On, Padang (Sumbar),-
Bencana alam banjir bandang dan tanah longsor yang melanda beberapa wilayah di Provinsi Sumatera Barat, termasuk Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar, dan Kota Padang Panjang pada Sabtu malam, 11 Mei 2024, telah membawa dampak yang signifikan bagi masyarakat setempat. Bencana ini memerlukan respon cepat dan bantuan yang terkoordinasi untuk meringankan penderitaan para korban.

Sebagai bentuk respon cepat, Pemerintah Kota Padang segera mengirimkan bantuan kebutuhan pokok kepada para korban yang terdampak. Pada hari Rabu, 15 Mei 2024, Kepala Dinas Sosial Kota Padang, Heriza Syafani, S.STP, M.PA, dengan didampingi oleh Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Ricky Januar Alexander, melepas tim Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Kota Padang untuk melaksanakan misi kemanusiaan di daerah bencana.

Tim yang terdiri dari 15 anggota TAGANA ini bertugas untuk mengoperasikan dapur umum di Nagari Parambahan, Kabupaten Tanah Datar. Dapur umum ini akan menyediakan makanan bagi para korban bencana selama lima hari ke depan. Keberangkatan tim ini juga disertai oleh jajaran Dinas Sosial Kota Padang yang memberikan dukungan penuh.

"Kami berharap dengan adanya tim TAGANA dan dapur umum ini, kebutuhan dasar masyarakat yang terdampak dapat terpenuhi dengan baik. Ini adalah wujud nyata kepedulian dan tanggung jawab kami terhadap sesama," ungkap Heriza Syafani dalam sambutannya sebelum pelepasan tim.

Ricky Januar Alexander menambahkan, "Kami telah mempersiapkan tim ini dengan baik. Mereka telah dilatih untuk menghadapi situasi darurat dan siap memberikan bantuan dengan cepat dan efisien. Kami juga membawa logistik yang mencukupi untuk mendukung operasional dapur umum selama di lapangan."

Misi kemanusiaan ini tidak hanya menunjukkan solidaritas antar warga Kota Padang, tetapi juga menggambarkan komitmen pemerintah daerah dalam memberikan bantuan yang tepat waktu dan relevan. Dapur umum yang dioperasikan oleh TAGANA diharapkan dapat menjadi tumpuan bagi korban bencana dalam mendapatkan makanan yang layak di tengah kondisi yang sulit.

Perjalanan menuju lokasi bencana memerlukan waktu dan upaya yang tidak sedikit, namun semangat dari tim TAGANA untuk membantu sesama tidak pernah surut. Setibanya di lokasi, mereka langsung mendirikan tenda dapur umum dan memulai proses memasak untuk para korban.

Salah satu anggota TAGANA, Yudi, mengatakan, "Kami merasa terpanggil untuk membantu saudara-saudara kita yang sedang menghadapi musibah. Ini adalah tugas yang mulia dan kami akan menjalankannya dengan sepenuh hati."

Dengan adanya bantuan dan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan kondisi di lokasi bencana dapat segera pulih dan masyarakat dapat kembali menjalani kehidupan mereka dengan normal. Pemerintah Kota Padang bersama Dinas Sosial akan terus memantau perkembangan situasi dan memastikan bahwa bantuan terus mengalir kepada mereka yang membutuhkan.

Misi kemanusiaan ini merupakan bukti nyata bahwa dalam setiap musibah, selalu ada tangan-tangan yang siap untuk membantu dan memberikan harapan baru bagi mereka yang terdampak. Semoga upaya ini dapat meringankan beban para korban dan membawa berkah bagi semua pihak yang terlibat.

(Mond)

#Tagana #Padang

No comments