Breaking News

Polwan Polres Padang Panjang Berikan Dukungan Trauma Healing dan Pemeriksaan Kesehatan kepada Korban Bencana Alam

Polwan Polres Padang Panjang Lakukan Trauma Healing kepada Warga Terdampak Musibah Banjir Bandang 

D'On, Sumbar,-
Polwan Polres Padang Panjang telah melaksanakan program trauma healing untuk warga yang menjadi korban banjir dan longsor di wilayah hukum Polres Padang Panjang pada Senin, 13 Mei 2024. Langkah ini diambil untuk membantu masyarakat memulihkan kondisi emosional dan kesehatan mereka pasca bencana alam yang menghantam daerah tersebut.

Kegiatan ini berlangsung di daerah Lubuk Mata Kucing, Kelurahan Pasar Usang, Kota Padang Panjang, yang merupakan salah satu wilayah terdampak paling parah oleh banjir bandang dan tanah longsor. Banyak warga yang mengalami trauma dan ketakutan akan kemungkinan terjadinya bencana serupa di masa mendatang.

Dukungan Psikologis dan Medis

Tim Polwan Polres Padang Panjang tidak hanya memberikan dukungan psikologis melalui trauma healing, tetapi juga melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap korban bencana. Pemeriksaan ini meliputi pengecekan kondisi fisik warga, pemberian obat-obatan, serta konsultasi kesehatan untuk memastikan bahwa mereka dalam keadaan sehat dan mendapatkan perawatan yang diperlukan.

Trauma healing yang dilakukan melibatkan sesi-sesi konseling individu dan kelompok, dengan tujuan membantu korban mengatasi ketakutan dan kecemasan mereka. Proses ini juga dirancang untuk memulihkan semangat dan kepercayaan diri para korban sehingga mereka dapat kembali menjalani kehidupan sehari-hari dengan lebih baik.

Tujuan dan Manfaat Kegiatan

Kegiatan ini bertujuan untuk:

1. Mengurangi dampak psikologis dari bencana alam dengan memberikan dukungan emosional kepada korban.

2. Meningkatkan kesehatan fisik warga melalui pemeriksaan medis dan pemberian perawatan yang tepat.

3. Membantu korban melupakan kejadian traumatis dan mempersiapkan mereka menghadapi kemungkinan bencana di masa mendatang dengan lebih siap dan tenang.

4. Mengembalikan kondisi emosional dan semangat hidup para korban, agar mereka dapat kembali beraktivitas seperti sebelum terjadinya bencana.

Salah satu warga yang menerima bantuan ini, Ibu Siti (45), mengungkapkan rasa terima kasihnya. "Kami sangat terbantu dengan adanya trauma healing ini. Setelah bencana, banyak dari kami yang sulit tidur dan selalu merasa cemas. Dengan bantuan dari Polwan, kami merasa lebih tenang dan berani untuk kembali beraktivitas," katanya.

Kegiatan trauma healing dan pemeriksaan kesehatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Polres Padang Panjang terhadap masyarakatnya, terutama dalam situasi krisis seperti pasca bencana alam. Dengan adanya program ini, diharapkan warga yang terdampak dapat segera pulih dan bangkit kembali dari keterpurukan.

Polwan Polres Padang Panjang terus berkomitmen untuk memberikan dukungan dan pelayanan terbaik bagi masyarakat, terutama dalam menghadapi situasi-situasi darurat. Kegiatan seperti ini menunjukkan betapa pentingnya peran kepolisian dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan masyarakat, tidak hanya dari segi keamanan tetapi juga kesehatan dan kesejahteraan emosional.

(*)

#PoldaSumbar #TraumaHealing #BencanaAlam

No comments