Breaking News

Lansia Dapat Nikmati Trans Padang Gratis Selama Sepekan: Perhatian Khusus Pemko Padang

PJ Walikota Padang Andree Algamar 

D'On, Padang (Sumbar),-
Penjabat (Pj) Wali Kota Padang, Andree Algamar, menunjukkan kepedulian yang mendalam terhadap para lanjut usia (lansia) di Kota Padang dengan meluncurkan program istimewa bertepatan dengan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Ke-28 Tahun 2024 Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Salah satu inisiatif yang menarik perhatian adalah penggratisan ongkos bus Trans Padang bagi lansia selama sepekan penuh.

Program ini diresmikan dalam sebuah acara yang berlangsung di Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center, Padang, pada Kamis, 30 Mei 2024. Dalam sambutannya, Andree Algamar menegaskan bahwa program ini merupakan bentuk perhatian dan penghargaan kepada para lansia yang telah memberikan kontribusi besar bagi masyarakat.

“Kami ingin menunjukkan rasa hormat dan terima kasih kepada para lansia. Oleh karena itu, kami akan mengeluarkan surat edaran untuk memastikan pelaksanaan program ini,” ujar Andree Algamar dengan penuh semangat.

Selain penggratisan ongkos bus, Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Sosial juga meluncurkan berbagai bantuan lainnya bagi lansia. Kepala Dinas Sosial Kota Padang, Heriza Syafani, menjelaskan bahwa bantuan tersebut mencakup bantuan usaha ekonomi produktif (UEP) dan paket makanan.

“Pada kesempatan ini, bantuan UEP diberikan kepada 11 orang lansia, masing-masing mendapatkan sebesar Rp 6.072.000. Selain itu, bantuan makanan diberikan kepada 110 orang lansia, masing-masing senilai Rp 489.500,” jelas Heriza.

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, yang turut hadir dalam acara tersebut, menyampaikan apresiasinya terhadap program ini dan mengharapkan agar seluruh pemerintah kabupaten/kota di Sumbar dapat mengikuti jejak Kota Padang dalam merawat dan menghargai para lansia.

“Peringatan HLUN ini adalah bentuk penghargaan terhadap peran penting lansia dalam masyarakat. Saya berharap semua pihak, terutama pemerintah daerah, dapat memastikan kesejahteraan lansia, sesuai dengan tema HLUN tahun ini, 'Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat',” ujar Mahyeldi.

Acara peringatan HLUN ini berlangsung meriah dengan berbagai kegiatan yang melibatkan lansia. Salah satunya adalah pemberian piagam penghargaan oleh Gubernur Mahyeldi kepada sejumlah tokoh lansia Sumbar yang berprestasi pada tahun 2024. Selain itu, para lansia dari Panti Sosial Tresna Werdha Sabai Nan Aluih Sicincin menampilkan tari pasambahan, sementara lansia dari PSTW Kasih Sayang Ibu Batusangkar membacakan kitab suci Al-Quran dan doa, menambah kehangatan suasana.

Melalui inisiatif-inisiatif seperti ini, diharapkan para lansia di Kota Padang dan Sumbar pada umumnya dapat merasakan perhatian dan dukungan yang layak, serta dapat menjalani kehidupan yang lebih sejahtera dan bermartabat.

(*)

#Padang #TransPadang

No comments