Breaking News

Kunjungan Pakor Polwan RI ke Posko Bencana di Bukit Batabuah Canduang, Agam: Wujud Kepedulian dan Dukungan Moral

Pakor Polwan RI Brigjen Pol Dra. Desy Andriani

D'On, Sumbar,-
Dalam rangkaian kunjungannya di Sumatera Barat, Pakor Polwan RI Brigjen Pol Dra. Desy Andriani beserta rombongan Polwan RI melanjutkan perjalanan mereka ke Posko Bencana di Bukit Batabuah Canduang, Agam pada Senin (20/5). Sebelumnya, mereka telah mengunjungi Sungai Limau di Kecamatan Pariangan dan Parambahan di Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar.

Kunjungan ini dilakukan untuk meninjau langsung kondisi masyarakat yang menjadi korban bencana alam banjir bandang lahar dingin yang terjadi pada Sabtu malam, 11 Mei 2024. Kedatangan Brigjen Pol Desy Andriani tidak hanya sekadar meninjau, tetapi juga membawa bantuan dan memberikan dukungan moral kepada para pengungsi.

Bantuan dan Sentuhan Kemanusiaan

Dalam kunjungannya, Brigjen Pol Desy Andriani menyampaikan bahwa kedatangannya bersama tim adalah untuk memberikan sentuhan kasih sayang dan dukungan moral kepada para korban. "Bantuan yang kami berikan ini adalah bentuk tali asih. Semoga kehadiran kami di sini dapat memberikan setetes embun di saat kita mengalami musibah seperti ini," tuturnya penuh empati.

Bantuan yang diberikan berupa kebutuhan pokok dan barang-barang yang diperlukan oleh para pengungsi. Brigjen Pol Desy Andriani juga menyerahkan bantuan secara simbolis kepada perwakilan masyarakat yang terdampak bencana. 

Pelayanan Kesehatan untuk Korban Bencana

Selain memberikan bantuan material, kunjungan ini juga diikuti oleh tim tenaga kesehatan yang dipimpin oleh Kabiddokkes Polda Sumbar Kombes Pol dr. Sri Handayani, MMRS. Tim medis ini memberikan pelayanan kesehatan langsung di posko, termasuk pemeriksaan kesehatan, pemberian vitamin, dan penanganan keluhan-keluhan ringan.

"Kami hadir di sini tidak hanya untuk memberikan bantuan, tetapi juga untuk memastikan kesehatan para korban tetap terjaga. Kami memeriksa kondisi kesehatan mereka dan memberikan tindakan yang diperlukan," ujar Kombes Pol dr. Sri Handayani.

Kunjungan ke Dapur Umum

Selanjutnya, Brigjen Pol Desy Andriani bersama rombongan mengunjungi dapur umum yang berlokasi di kantor Wali Nagari Kubang Putiah, Banuhampu, Agam. Di dapur umum ini, mereka menyalurkan bantuan untuk kebutuhan makanan bagi warga masyarakat di lokasi bencana. 

Kehadiran Pakor Polwan RI di dapur umum ini menunjukkan perhatian yang tinggi terhadap pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat yang terdampak. "Kami memastikan bahwa kebutuhan makanan warga terpenuhi dengan baik, terutama dalam kondisi darurat seperti ini," kata Brigjen Pol Desy Andriani.

Dukungan dari Jajaran Polri

Dalam seluruh rangkaian kegiatan ini, Pakor Polwan RI didampingi oleh Kapolresta Bukittinggi Kombes Pol Yessi Kurniati, S.Ik, Pakor Polwan Polda Sumbar, dan Tim Psikolog SSDM Polri. Kehadiran mereka menambah semangat dan memberikan rasa aman kepada masyarakat yang sedang berjuang memulihkan diri dari bencana.

Kunjungan Brigjen Pol Desy Andriani dan rombongan Polwan RI ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat setempat. Mereka merasa terbantu dan mendapatkan dukungan moral yang sangat berarti di tengah cobaan yang sedang dihadapi.

Kepedulian dan aksi nyata yang ditunjukkan oleh Polwan RI ini membuktikan bahwa mereka tidak hanya berperan dalam menjaga keamanan, tetapi juga hadir di tengah masyarakat dalam situasi darurat, memberikan bantuan dan dukungan yang sangat dibutuhkan. Dengan semangat kebersamaan dan gotong royong, diharapkan masyarakat yang terdampak bencana dapat segera bangkit dan kembali menjalani kehidupan dengan normal.

(*)

#Polri #SumateraBarat #PolwanRI

No comments