Breaking News

Koperasi Wanita Ikaboga Padang Ekspor Bumbu Rendang dan Kalio ke Norwegia

Sekretaris Ikaboga Padang Harti Ningsih

D'On, Padang (Sumbar),-
Koperasi Wanita Ikaboga Padang kembali menorehkan prestasi dengan mengekspor bumbu masakan Minang ke Norwegia. Bumbu yang diekspor kali ini adalah bumbu rendang dan bumbu kalio, yang sudah mulai dinikmati oleh masyarakat Norwegia.

Pada Jumat, 24 Mei 2024, Sekretaris Koperasi Wanita Ikaboga Padang, Harti Ningsih, mengungkapkan bahwa ini adalah pesanan ekspor ketiga kalinya. Di Oslo, Ningsih bertemu dengan Emmy Jorgensen, importir produk dari perusahaan Scanesia yang berpusat di Oslo. Emmy mengungkapkan bahwa perusahaannya telah mengimpor hingga satu ton bumbu rendang dan kalio dari koperasi tersebut dalam setiap pengiriman.

Emmy juga menjelaskan bahwa koperasi ini telah menggunakan merek tunggal "Padang Kitchen" untuk produk ekspor mereka. Saat ini, hanya bumbu rendang dan kalio yang diekspor, namun ia berencana untuk menambah variasi produk di masa depan karena respon positif dari pasar Norwegia.

Ekspor bumbu rendang dan kalio ini bukan tanpa tantangan. Emmy menjelaskan bahwa pembicaraan mengenai ekspor produk rendang sudah dimulai sejak 2016. Namun, produk tersebut harus melalui berbagai penyesuaian agar memenuhi standar ekspor. Salah satu tantangan utama adalah adanya larangan impor daging, sehingga hanya bumbu yang bisa diekspor. Proses penyesuaian ini memakan waktu satu tahun penuh sebelum akhirnya produk bumbu bisa diekspor.

Keinginan Emmy untuk memperkenalkan masakan Minang kepada dunia berakar dari status rendang yang sudah diakui sebagai salah satu makanan terbaik di dunia. "Kita harus melakukan sesuatu untuk mempromosikan bahwa kita memiliki makanan yang luar biasa dari Padang," ujarnya saat bertemu dengan Gubernur Sumbar, Mahyeldi, pada 2022.

Komitmen untuk keberlanjutan ekspor ini terus diperkuat melalui komunikasi yang intens antara Harti Ningsih dan Emmy. Ningsih menegaskan bahwa pihaknya selalu belajar dari koreksi dan masukan yang diberikan oleh Emmy, sehingga bisa terus meningkatkan kualitas produk mereka.

Selain mengadakan pertemuan bisnis, Harti Ningsih dan Emmy juga memenuhi undangan untuk menghadiri festival "Indonesia Spice Up Oslo" yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar RI di Oslo. Festival ini berlangsung di Yongstorget, sebuah alun-alun di pusat kota Oslo, pada Sabtu, 25 Mei 2024. Acara ini diharapkan bisa semakin memperkenalkan bumbu-bumbu asli Indonesia kepada masyarakat Norwegia dan meningkatkan permintaan ekspor.

Dengan keberhasilan ini, Koperasi Wanita Ikaboga Padang tidak hanya membuktikan kualitas produk mereka, tetapi juga membawa cita rasa masakan Minang ke panggung dunia, memperkuat posisi rendang sebagai salah satu kuliner terbaik yang layak dinikmati oleh semua orang.

(*)

#Rendang #Kuliner 

No comments