Breaking News

Kontak Tembak Fatal: Ajudan Komandan Utama KKB Tewas dalam Penyergapan di Paniai

Basoka Lawiya, anggota KKB, tewas dalam kontak tembak dengan TNI-Polri di Distrik Paniai Timur, Papua Tengah, Rabu, 22 Mei 2024.

D'On, Paniai (Papua),-
Dalam upaya menanggulangi gelombang kekerasan yang melanda Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai, Papua Tengah, hari Rabu (22/5/2024), aparat gabungan TNI-Polri berhasil menetralisir seorang anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang dikenal sebagai Basoka Lawiya, yang juga dikenal dengan alias "Masyarakat Kogoya". Basoka Lawiya diketahui sebagai salah satu ajudan dari pimpinan KKB Intan Jaya, Undius Kogoya.

Kombes Pol Faizal Ramadhani, yang menjabat sebagai Kepala Operasi Damai Cartenz-2024, mengungkapkan bahwa pengejaran terhadap Basoka Lawiya dan kelompoknya dilakukan sebagai tanggapan atas serentetan tindakan kekerasan yang telah meresahkan masyarakat. Faizal menyatakan bahwa dalam kontak tembak tersebut, Basoka Lawiya tewas di tempat.

"Kami merespons dan melakukan pengejaran hingga berhasil menembak mati satu anggota KKB atas nama Basoka Lawiya," kata Faizal, menegaskan kesuksesan operasi tersebut.

Serangkaian aksi kekerasan yang dilakukan oleh KKB, termasuk penembakan serta pembakaran sejumlah kios dan gedung sekolah SD dan SMP di Paniai Timur, telah memicu kekhawatiran yang mendalam. Faizal menambahkan bahwa selain menyasar warga sipil, KKB juga melakukan serangan terhadap aparat keamanan.

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024, AKBP Bayu Suseno, melaporkan bahwa dalam penyisiran yang dilakukan oleh personel gabungan TNI-Polri, ditemukan sejumlah barang bukti, termasuk satu buah magasin dan teleskop, serta tiga unit hand phone. Bayu menjelaskan bahwa KKB pimpinan Undius Kogoya merupakan kelompok yang telah lama mengganggu keamanan di wilayah tersebut.

Keberhasilan operasi ini menunjukkan komitmen yang kuat dari aparat keamanan dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Papua Tengah, meskipun tantangan yang dihadapi masih besar.

(*)

#KKB #OPM #TNI #Polri #Papua

No comments