Breaking News

Insiden Tragis: Pesawat Jatuh di BSD Tangerang Selatan, Tiga Orang Tewas

Pesawat jenis capung jatuh di pinggir Lapangan Sunburst BSD, Tangerang. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

D'On, Jakarta,-
Sebuah tragedi udara mengguncang kawasan BSD, Tangerang Selatan, pada Minggu (19/5/2024). Pesawat jenis capung milik Indonesia Flying Club Pondok Cabe dengan kode registrasi PK-IFP jatuh di dekat Lapangan Sunburst, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan, sekitar pukul 14.00 WIB. Akibat insiden mengerikan ini, tiga orang dilaporkan meninggal dunia.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Ade Ary, mengkonfirmasi kejadian tersebut. "Benar, korban tiga orang meninggal. Dua masih di dalam pesawat, satu tergeletak di luar," jelas Ade saat dikonfirmasi. Menurutnya, pihak kepolisian saat ini sedang menangani kasus tersebut dan telah melakukan langkah-langkah awal untuk penyelidikan.

Detik-Detik Jatuhnya Pesawat

Dalam video yang beredar di media sosial, pesawat tampak mengalami kerusakan parah dengan tulisan PK-IFF terlihat jelas di sayapnya. Tubuh pesawat terlihat ringsek dan hancur, menunjukkan betapa dahsyatnya benturan saat jatuh. Lokasi jatuhnya pesawat berada di samping lapangan Sunburst BSD, di dekat jalan raya yang sering dilalui warga.

Menurut saksi mata, pesawat jatuh bersamaan dengan hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut. Puing-puing pesawat berserakan di sekitar lokasi, menambah dramatisnya pemandangan setelah insiden. Warga sekitar dan pengguna jalan yang melintas terlihat berkerumun, meskipun petugas berusaha keras untuk mengamankan tempat kejadian dan mengatur lalu lintas.

Upaya Penyelamatan dan Pengamanan

Polres Tangerang Selatan langsung turun tangan untuk memberikan pertolongan kepada korban dan mengamankan Tempat Kejadian Perkara (TKP). "Polres Tangsel sedang melakukan pertolongan terhadap korban dan mengamankan TKP," kata Ade Ary. Pihak kepolisian bekerja sama dengan tim medis untuk segera mengevakuasi korban yang berada di dalam pesawat dan memberikan bantuan pertama pada korban yang berada di luar.

Upaya pengamanan lokasi juga menjadi fokus utama untuk mencegah kemacetan dan kerumunan warga yang ingin menyaksikan kejadian tersebut. Polisi berusaha menghalau warga yang berkerumun agar proses evakuasi dan penyelidikan tidak terganggu.

Pertanyaan Besar: Penyebab Kecelakaan

Hingga saat ini, penyebab kecelakaan pesawat tersebut masih belum diketahui. Para ahli dan otoritas penerbangan akan melakukan investigasi mendalam untuk mencari tahu faktor-faktor yang menyebabkan tragedi ini. Kondisi cuaca yang buruk, kesalahan teknis, atau faktor manusia bisa menjadi beberapa kemungkinan penyebab yang akan diperiksa.

Dalam situasi seperti ini, penting untuk menunggu hasil penyelidikan resmi dari pihak berwenang. Sementara itu, keluarga korban diharapkan dapat diberikan dukungan dan bantuan yang diperlukan.

Tragedi ini menjadi pengingat betapa pentingnya keselamatan dalam penerbangan, baik bagi penumpang maupun pilot. Masyarakat dan pihak terkait berharap agar kejadian serupa tidak terulang kembali di masa depan. Kita semua berduka cita atas kehilangan nyawa dalam insiden ini dan menantikan hasil penyelidikan untuk memberikan kejelasan dan langkah preventif ke depan.

(Mond)

#Peristiwa #PesawatJatuh

No comments