Breaking News

Helikopter yang Membawa Presiden Iran Jatuh, Tidak Ada Korban Selamat

Presiden Ebrahim Raisi

D'On, Iran,-
Sebuah tragedi besar melanda Iran ketika helikopter yang membawa Presiden Ebrahim Raisi dan Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian ditemukan jatuh pada Minggu (19/5/2024) waktu setempat, tanpa ada korban selamat. Insiden ini mengakibatkan guncangan besar di negara tersebut dan di seluruh dunia.

Penemuan Tragis di Lokasi Kecelakaan

Kantor berita negara Iran, IRINN, serta kantor berita semi-resmi Mehr News, mengonfirmasi laporan tersebut. Menurut CNN International, tidak ada tanda-tanda kehidupan di antara penumpang helikopter. Hal ini juga dilaporkan oleh AFP yang mengutip televisi pemerintah Iran, yang menyatakan bahwa helikopter tersebut ditemukan dalam keadaan hancur dan terbakar.

"Kami menerima video dari tim penyelamat yang menunjukkan bahwa seluruh kabin helikopter rusak parah dan terbakar. Sampai saat ini, tidak ada tanda-tanda penumpang yang selamat di lokasi tersebut," kata laporan dari Al-Jazeera, mengutip ketua Bulan Sabit Merah Iran.

Kondisi Sebelum Kecelakaan

Helikopter yang jatuh itu sedang dalam perjalanan tugas menuju perbatasan untuk meresmikan proyek bendungan Qiz-Qalasi. Presiden Raisi dijadwalkan bertemu dengan Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev dalam acara tersebut. Namun, perjalanan tersebut berakhir dengan tragis ketika helikopter jatuh di wilayah perbatasan antara Azerbaijan dan Iran, sekitar 100 kilometer dari kota Tabriz, dekat desa Tavil.

Penyelidikan Awal dan Spekulasi Penyebab

Penyebab pasti kecelakaan masih dalam penyelidikan, namun sejumlah analis menduga cuaca buruk menjadi faktor utama. Drone milik Turki yang dikirim untuk membantu pencarian menemukan titik panas di pegunungan tersebut, yang kemudian dikonfirmasi sebagai lokasi jatuhnya helikopter.

Ketua Bulan Sabit Merah Iran sempat memberikan pernyataan yang menggambarkan situasi yang semakin jelas suram. "Kami menerima laporan awal yang mengatakan 'kabar tak begitu baik'," ujarnya sebelum konfirmasi akhir bahwa tidak ada korban selamat.

Dampak dan Reaksi

Berita ini menggemparkan Iran dan dunia internasional. Presiden Raisi, yang dikenal luas karena perannya yang signifikan dalam pemerintahan Iran, menjadi salah satu korban. Belum ada pernyataan resmi dari pemerintah Iran mengenai langkah selanjutnya atau pengganti posisi Presiden.

Tragedi ini juga memicu belasungkawa dari berbagai pemimpin dunia dan masyarakat internasional. Keluarga para korban diharapkan mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah dan masyarakat.

Insiden jatuhnya helikopter yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi dan pejabat tinggi lainnya ini menjadi duka mendalam bagi Iran. Dengan penyelidikan yang masih berlangsung, publik dan keluarga korban menunggu penjelasan lebih lanjut mengenai penyebab kecelakaan dan langkah-langkah selanjutnya yang akan diambil oleh pemerintah Iran. 

Penemuan ini juga menjadi pengingat akan bahaya yang dihadapi oleh para pejabat tinggi saat menjalankan tugas negara, dan pentingnya langkah-langkah keamanan yang lebih ketat di masa mendatang.

(*)

#peristiwa #pesawatjatuh #Iran #Internasional

No comments